Mengerikan! Pesawat Delta Bawa 101 Orang Mendarat Tanpa Roda Pendaratan Depan

Kamis, 29 Juni 2023 - 16:14 WIB
loading...
Mengerikan! Pesawat Delta Bawa 101 Orang Mendarat Tanpa Roda Pendaratan Depan
Penerbangan Delta pembawa 101 orang mendarat tanpa roda pendaratan depan di Bandara Internasional Charlotte Douglas, Amerika Serikat, Rabu (28/6/2023). Foto/Twitter @aviationbrk
A A A
DOUGLAS - Sebuah insiden mengerikan dialami penerbangan Delta, di mana pesawat dengan 101 orang di dalamnya mendarat tanpa roda pendaratan depan di Bandara Internasional Charlotte Douglas, Amerika Serikat (AS), Rabu.

Beruntung tidak ada korban luka yang dilaporkan dari insiden tersebut. Kendati demikian, landasan pacu ditutup di mana kru bekerja untuk mengeluarkan pesawat dari landasan pacu.

Menurut maskapai Delta, penerbangan berangkat dari Atlanta sekitar pukul 07.25 waktu setempat. Ada 96 penumpang, dua pilot dan tiga pramugari di dalam pesawat Boeing 717 tersebut.

"Saat mendekati CLT, pilot menerima indikasi 'nose gear unsafe'. Kru memulai prosedur pendekatan yang terlewat untuk menyelidiki lebih lanjut indikasi tersebut," kata Delta di situsnya, yang dilansir Kamis (29/6/2023).



Pesawat kemudian melewati menara ATC di Charlotte untuk memungkinkan petugas kontrol lalu lintas udara memeriksa secara visual. Pemeriksaan visual menunjukkan pintu roda pendaratan terbuka, tetapi roda itu sendiri tetap dalam posisi naik.

Salah satu penumpang, Chris Skotarczak, mengatakan kepada ABC News bahwa tidak ada kekacauan di pesawat selama pendaratan. Dia juga memuji kru atas pekerjaan mereka.

Penumpang lain mengatakan ada tepuk tangan begitu pesawat mendarat dan mereka turun. Namun, para penumpang disuruh bersiap untuk pendaratan yang kasar.

"Meskipun ini jarang terjadi, awak pesawat Delta berlatih secara ekstensif untuk mengelola dengan aman melalui banyak skenario dan penerbangan 1092 mendarat dengan selamat tanpa cedera yang dilaporkan. Fokus kami selanjutnya adalah menjaga pelanggan kami dalam penerbangan ini, termasuk mengambil tas mereka dan mengantar mereka ke tujuan akhir mereka dengan selamat. Kami meminta maaf kepada pelanggan kami atas apa yang mereka alami," kata maskapai dalam sebuah pernyataan lanjutan yang lebih rinci.

Administrasi Penerbangan Federal (FAA) mengonfirmasi penerbangan itu mendarat dengan hidung pesawat dan mengatakan akan menyelidiki bagaimana itu terjadi.
(mas)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1060 seconds (0.1#10.140)