7 Fakta Presiden Alexander Lukaschenko, Nomor 6 Mengasingkan Istri Resmi demi Selingkuhan

Rabu, 28 Juni 2023 - 11:34 WIB
loading...
A A A
Penanganan pandemi COVID oleh Lukashenko di Belarusia juga menuai kecaman luas dan seruan lebih lanjut agar dia mundur.

Lukashenko menyebut pandemi itu sebagai "kegilaan dan psikosis" dan menyuruh orang bekerja di traktor, minum vodka, dan pergi ke sauna jika mereka ingin menghindari virus corona.

Pemimpin itu sebelumnya juga memenjarakan para kritikus, saingan pemilu, dan jurnalis. Tahun lalu, penangkapan jurnalis Belarusia Roman Protasevich menjadi berita utama internasional.

Tahun lalu, pihak berwenang Belarusia — mengutip ancaman bom yang tidak pernah terwujud — mengalihkan jet penumpang Ryanair dan memaksanya mendarat di Minsk. Petugas polisi naik ke pesawat dan menangkap Protasevich, yang dikenal sangat menentang aturan Lukashenko.

Protasevich adalah salah satu pendiri dan pemimpin redaksi NEXTA, saluran berita berbasis di Polandia yang menyebarkan klip protes massa terhadap Lukashenko melalui aplikasi pesan terenkripsi Telegram.

5. Mendukung Invasi ke Ukraina

Ketika Putin melancarkan invasi besar-besaran ke Ukraina pada 24 Februari, Lukashenko mendesak warga Ukraina untuk "berhenti" menghadapi Rusia dan memutuskan hubungan dengan "tuan" Amerika mereka.

"Berhenti! Usir tuan-tuan ini dari seberang lautan. Mereka tidak akan memberimu kebahagiaan," kata Lukashenko dalam pidatonya kepada pejabat tinggi militer Belarusia. "Begitu mereka tidak bisa menggunakanmu lagi, mereka akan membuangmu di tempat barang rongsokan sejarah."

Dalam beberapa minggu pertama perang, Belarus menampung sekitar 30.000 tentara atas nama Putin, 100 kilometer jauhnya dari Kyiv.

Lukashenko tidak bergabung dalam perang secara langsung atau mengirim pasukannya sendiri ke Ukraina, tetapi dia mengizinkan Kremlin menggunakan negaranya sebagai platform untuk melatih pasukan Rusia.

Pada bulan Februari, Lukashenko mengatakan kepada wartawan: "Saya siap berperang dengan Rusia dari wilayah Belarus hanya dalam satu kasus: Bahkan jika satu tentara datang ke wilayah Belarus untuk membunuh rakyat saya."

"Jika mereka melakukan agresi terhadap Belarusia, responsnya akan menjadi yang paling parah, dan perang akan menjadi sangat berbeda," tambahnya.

6. Mengasingkan Istri Resmi dan Suka Berselingkuh

7 Fakta Presiden Alexander Lukaschenko, Nomor 6 Mengasingkan Istri Resmi demi Selingkuhan

Foto/Reuters
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1034 seconds (0.1#10.140)