8 Tradisi Iduladha di 6 Benua, Menyalakan Obor dan Dupa Paling Populer di Asia

Minggu, 25 Juni 2023 - 07:59 WIB
loading...
8 Tradisi Iduladha di 6 Benua, Menyalakan Obor dan Dupa Paling Populer di Asia
Tradisi merayakan Iduladha berbeda-beda dengan kekhasannya di berbagai negara. Foto/Reuters
A A A
JAKARTA - Ada banyak tradisi bersama, tetapi umat Islam di berbagai negara juga memiliki kebiasaan Iduladha yang khas. Iduladha diidentikan dengan doa, amal, dan henna di berbagai belahan dunia.

Pakaian yang baru disetrika dalam semua gaya dan warna, ketelitian para wanita melukis desain daun pacar atau henna di tangan, jalan-jalan yang dipenuhi orang-orang yang membagikan daging dan mereka yang menerimanya, aroma makanan khusus yang disiapkan, dan barisan umat yang membungkuk dalam doa berjamaah.

Ini adalah beberapa pemandangan universal ketika umat Islam di seluruh dunia merayakan Iduladha, salah satu dari dua hari libur besar dalam kalender Islam.

Dikenal sebagai Hari Raya Kurban, hari raya ini jatuh pada akhir ziarah haji Islam tahunan, di mana ribuan orang berduyun-duyun ke Arab Saudi setiap tahun untuk mengunjungi situs paling suci Islam di Mekkah.

Melansir Al Jazeera, Iduladha adalah peringatan kisah Alquran tentang kesediaan Nabi Ibrahim untuk mengorbankan putranya Ismail sebagai tindakan ketaatan kepada Tuhan. Umat Muslim percaya bahwa sebelum dia dapat melakukan pengorbanan, Tuhan menyediakan seekor domba jantan sebagai persembahan.

Karena itu, hari raya dirayakan dengan penyembelihan kambing, sapi, domba, dan hewan ternak lainnya, yang dibagikan kepada keluarga, sahabat, dan fakir miskin. Seiring waktu, meskipun banyak tradisi bersama, umat Islam di berbagai negara telah mengembangkan kebiasaan Iduladha yang khas mereka sendiri, menggabungkan praktik budaya daerah dengan perayaan hari raya keagamaan.

Berikut adalah 8 tradisi Iduladha di seluruh dunia.

1. Manisan Tradisional di Timur Tengah

8 Tradisi Iduladha di 6 Benua, Menyalakan Obor dan Dupa Paling Populer di Asia

Foto/Reuters

Dari Yaman hingga Suriah, manisan tradisional disiapkan, dengan makanan merupakan bagian integral dari semua perayaan Iduladha. Banyak komunitas memiliki jajanan dan hidangan tradisional yang disiapkan khusus untuk hari raya.

Dari jalabia yang tergantung di depan toko di jalan-jalan Manama hingga para penunggang kuda Libya yang mengenakan sorban dan jubah, orang-orang mengeluarkan pakaian terbaik mereka untuk Iduladha.


2. Dupa dan Obor di Asia Timur dan Tenggara

8 Tradisi Iduladha di 6 Benua, Menyalakan Obor dan Dupa Paling Populer di Asia

Foto/Ist

Dari menyalakan dupa hingga obor, perayaan di Asia Timur dan Tenggara merupakan pengalaman indrawi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1332 seconds (0.1#10.140)