Rusia Sebut Resolusi AS tentang Senjata Nuklir Benar-benar Gila!

Sabtu, 24 Juni 2023 - 06:01 WIB
loading...
Rusia Sebut Resolusi AS tentang Senjata Nuklir Benar-benar Gila!
Rudal Sarmat dapat mengangkut hulu ledak nuklir Rusia. Foto/REUTERS
A A A
MOSKOW - Spekulasi para pembuat kebijakan Amerika Serikat (AS) bahwa Rusia dapat menggunakan senjata nuklir taktis adalah "tidak masuk akal", menurut duta besar Rusia di Washington Anatoly Antonov.

Dia menegaskan, spekulasi itu hanya menambah bahan bakar pada pertikaian antara Moskow dan Barat.

Pernyataan Antonov muncul pada Kamis (22/6/2023) di Telegram. Dia menyoroti resolusi bipartisan yang diperkenalkan Senator AS Lindsey Graham dan Richard Blumenthal pada Kamis yang menyarankan Washington harus mempertimbangkan penggunaan senjata nuklir taktis oleh Rusia atau sekutunya sebagai serangan terhadap NATO.

Antonov menggambarkan resolusi tersebut “sebagai manifestasi lain dari kebencian buta terhadap negara kita.”

Dia mengklaim para sponsor resolusi itu berusaha menyeret Washington lebih dalam lagi ke konflik Ukraina.

“Ini bukan sekadar inisiatif gila lainnya dari para senator Russophobe AS,” ujar Antonov, dengan mengatakan ini menunjukkan siapa yang benar-benar mengejar arah menuju konflik global langsung antara Rusia dan NATO.

“Resolusi yang diusulkan juga berusaha memaksakan pada komunitas global satu sudut pandang provokatif bahwa Rusia bermaksud melancarkan serangan nuklir di wilayah Ukraina," ujar Antonov.



Dia menunjukkan dokumen tersebut juga dapat menjadi dasar untuk menuduh Moskow melakukan pementasan insiden nuklir di Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Zaporozhye, yang direbut pasukan Rusia pada hari-hari awal konflik Ukraina.

Duta Besar mengatakan Rusia selalu menjadi "kekuatan nuklir yang bertanggung jawab," dan tidak mengubah doktrin nuklirnya yang menetapkan Moskow hanya dapat menggunakan senjata nuklir jika keberadaan negara terancam.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1093 seconds (0.1#10.140)