Berkhianat, Ilmuwan Nuklir Rusia Ini Dipenjara 9 Tahun

Kamis, 22 Juni 2023 - 10:15 WIB
loading...
Berkhianat, Ilmuwan Nuklir Rusia Ini Dipenjara 9 Tahun
Seorang ilmuwan nuklir Rusia dihukum penjara 9 tahun atas tuduhan pengkhianatan tingkat tinggi. Foto/Russian Federal Nuclear Center-VNIIEF/Facebook
A A A
MOSKOW - Seorang ilmuwan di fasilitas penelitian nuklir Rusia di wilayah Nizhny Novgorod telah dijatuhi hukuman sembilan tahun penjara atas tuduhan pengkhianatan tingkat tinggi.

Penyelidik menuduh Viktor Ilyin, seorang karyawan di Pusat Nuklir Federal di kota tertutup Serov, mencoba terlibat dalam kegiatan spionase atas nama Ukraina, Amerika Serikat (AS), dan Inggris.

Ilyin dilaporkan telah berusaha untuk memasok layanan keamanan Barat dengan informasi tentang perkembangan ilmiah terbaru di Rusia.

"Untuk menyembunyikan aktivitas ilegalnya, pria itu menggunakan dokumen palsu dan perangkat lunak khusus," kata layanan pers Dinas Keamanan Federal (FSB) Rusia, seperti dikutip The Moscow Times, Kamis (22/6/2023).



Catatan pengadilan mengungkapkan bahwa Ilyin ditangkap awal tahun ini, tetapi dia pertama kali diadili pada bulan April, di mana dia mengaku bersalah atas tuduhan terhadapnya.

Pada 23 Mei, ilmuwan tersebut dituntut hukuman penjara sembilan tahun—dua tahun lebih rendah dari hukuman minimum 12 tahun untuk kasus pengkhianatan tingkat tinggi.

Hukuman Ilyin mulai berlaku bulan ini.

Laporan vonis ilmuwan nuklir Rusia ini muncul hanya sehari setelah jaksa Rusia meminta hukuman penjara 12 tahun untuk ilmuwan Moskow lainnya, Valery Golubkin (71), yang juga dituduh melakukan pengkhianatan.

Setidaknya tiga ilmuwan Rusia yang telah bekerja pada pengembangan rudal hipersonik telah ditangkap karena dicurigai melakukan pengkhianatan selama setahun terakhir.

Pada bulan April, Presiden Vladimir Putin menandatangani amandemen undang-undang yang meningkatkan hukuman maksimum untuk kasus pengkhianatan tingkat tinggi dari 20 tahun menjadi penjara seumur hidup.
(mas)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1177 seconds (0.1#10.140)