AS Kirim Pesawat Pengebom B-52H Stratofortress ke Indonesia untuk Pertama Kalinya, Ini Misinya

Kamis, 22 Juni 2023 - 09:21 WIB
loading...
AS Kirim Pesawat Pengebom B-52H Stratofortress ke Indonesia untuk Pertama Kalinya, Ini Misinya
Pesawat pengebom strategis B-52H Stratofortress milik Amerika Serikat. Amerika mengirim pesawat tipe ini ke Indonesia untuk pertama kalinya. Foto/Matthew Williams
A A A
JAKARTA - Amerika Serikat (AS) telah mengirim pesawat pengebom strategis B-52H Stratofortress ke Indonesia untuk pertama kalinya.

Urusan Publik Angkatan Udara Pasifik—komando utama Angkatan Udara AS—dalam sebuah pernyataan mengatakan kehadiran pesawat pengebom tersebut bagian dari upaya meningkatkan kerja sama militer bilateral ke tingkat yang lebih tinggi.

Misi pengiriman pesawat itu ke Indonesia adalah untuk ambil bagian dalam latihan tempur Cope West 2023.

“B-52 yang ditugaskan ke Skuadron Bom Ekspedisi ke-23 dari Pangkalan Angkatan Udara Minot di North Dakota tiba di Indonesia pada 19 Juni untuk berpartisipasi dalam latihan Cope West," bunyi pernyataan Urusan Publik Angkatan Udara Pasifik, Rabu (21/6/2023).



"B-52 akan berpartisipasi selama sisa Cope West yang berakhir pada 23 Juni. Pelatihan ini memungkinkan penerbang kami untuk menjadi akrab dengan teater dan wilayah udara lain."

Setidaknya dua pesawat pengebom strategis Amerika mendarat di Bandara Internasional Kualanamu, Indonesia.

Pendaratan pesawat pengebom B-52 AS di Indonesia terjadi setelah serangkaian misi penempatan pesawat pengebom di seluruh dunia, termasuk penerbangan pencegahan di atas Teluk Finlandia dan penempatan ke Korea Selatan pada bulan Maret.

Pada bulan Mei, Menteri Pertahanan Indonesia Prabowo Subianto mengatakan Jakarta dan Washington telah sepakat untuk menjaga stabilitas dan perdamaian di kawasan Indo-Pasifik dan meningkatkan kerja sama, termasuk latihan bersama dan pertukaran personel militer.
(mas)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1169 seconds (0.1#10.140)