Swedia Beli 3.000 Kendaraan Militer dari Italia, Kompatibel dengan NATO

Kamis, 22 Juni 2023 - 05:00 WIB
loading...
Swedia Beli 3.000 Kendaraan Militer dari Italia, Kompatibel dengan NATO
Kendaraan militer buatan Iveco Defense Vehicles (IDV). Foto/Suradnik13
A A A
STOCKHOLM - Badan Materiel Pertahanan Swedia menandatangani perjanjian kerangka kerja dengan perusahaan Italia Iveco Defense Vehicles (IDV) untuk menyediakan hingga 3.000 kendaraan ringan kepada Angkatan Bersenjata Swedia.

Pemesanan awal adalah 400 Light Multi-Purpose Vehicles (LMPV) tipe MUV 4Ă—4 (Military Utility Vehicle) dengan biaya SEK 850 juta (USD79 juta). Iveco juga akan memberi Swedia pemeliharaan dan layanan terkait produk tersebut.

Kesepakatan Kerangka Kerja diperpanjang selama empat tahun (dari 2023 hingga 2027) dengan opsi untuk memperpanjang perjanjian selama lima tahun lagi.

“Dengan kendaraan tersebut, Angkatan Bersenjata mendapatkan kapabilitas modern yang melengkapi kapabilitas yang sudah ada di tubuh Angkatan Darat dan Garda Dalam Negeri serta sampai batas tertentu menggantikan kapabilitas tertentu dari pelayan setia Angkatan Bersenjata di organisasi perang, Tgb 11 dan 13 (dikenal di luar Swedia sebagai Volvo Cross Country C303)," ungkap Manajer Proyek Angkatan Darat Badan Material Swedia Michael Helander.

Pengiriman pertama ke Angkatan Bersenjata akan dilakukan pada akhir tahun 2024 dan sebagian besar kendaraan akan dikirim pada tahun 2025.

Apa itu MUV 4x4?


MUV 4x4 adalah penerus kendaraan Iveco M40E15-WM yang dibuat khusus. Versi terbaru ini disebut-sebut tangguh, mobile, dan dapat digunakan di lingkungan yang keras dalam suhu mulai dari minus 32 hingga plus 49 derajat Celcius.

Kendaraan ini kompatibel dengan NATO yang dapat membawa muatan dengan berat hingga 4.000 kilogram.

MUV 4Ă—4 tersedia dalam 12 varian berbeda termasuk kendaraan pengangkut pasukan, kendaraan varian medis, kendaraan komunikasi, kendaraan logistik, dan pengangkut anjing (dengan kompartemen khusus untuk anjing pemandu).

Semuanya dengan beberapa kombinasi dalam hal berat kotor kendaraan, sasis, kabin, mesin, dan driveline.

Pembangunan Militer Swedia


Selama dekade terakhir, Swedia telah dilanda dorongan militer ketika retorika era Perang Dingin mulai kembali.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0807 seconds (0.1#10.140)