Putin Duga Jenderal Tertinggi Ukraina Sembunyi di Luar Negeri

Senin, 19 Juni 2023 - 06:46 WIB
loading...
Putin Duga Jenderal Tertinggi Ukraina Sembunyi di Luar Negeri
Panglima Militer Ukraina Jenderal Valery Zaluzhny sudah lama tidak muncul di depan publik. Presiden Rusia Vladimir Puin menduga jenderal itu sembunyi di luar negeri. Foto/REUTERS
A A A
MOSKOW - Presiden Rusia Vladimir Putin menduga Panglima Angkatan Bersenjata Ukraina Jenderal Valery Zaluzhny bersembunyi di luar negeri.

Keberadaan jenderal tertinggi Ukraina itu telah menjadi bahan spekulasi dalam beberapa pekan terakhir karena sudah lama tidak muncul di depan publik.

Pada hari Minggu (18/6/2023), media Rusia; Rossiya 1, menerbitkan klip Putin yang berbicara tentang nasib jenderal top Kyiv selama pertemuannya dengan koresponden dan blogger militer Rusia di Kremlin awal pekan ini.

"Di mana dia, Zaluzhny? Saya tahu. Saya rasa saya tahu," kata presiden Rusia itu kepada wartawan.



Dia menasihati mereka untuk bertanya kepada Zaluzhny sendiri tentang hal ini, tetapi memperingatkan bahwa seseorang perlu beralih ke bahasa asing untuk melakukannya.

"Saya pikir dia ada di luar negeri," imbuh Putin mengklarifikasi, tetapi menambahkan bahwa dia mungkin salah tentang dugaannya tersebut.

Spekulasi tentang keberadaan Jenderal Zaluzhny muncul setelah dia melewatkan pertemuan penting NATO pada 10 Mei.

Menurut ketua komite militer blok Amerika Serikat, Rob Bauer, Kyiv mengatakan kepada Brussel bahwa panglima tertinggi Ukraina tidak dapat hadir secara langsung atau melalui jaringan video karena "situasi operasional yang kompleks" dalam konflik dengan Rusia.

Bulan lalu, kantor berita RIA Novosti, yang mengutip sumber keamanan, melaporkan bahwa Zaluzhny terluka parah dalam serangan rudal Rusia di dekat kota Kherson pada awal Mei.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1090 seconds (0.1#10.140)