Kota Beijing Longgarkan Aturan Karantina Paling Cepat Kamis

Rabu, 29 April 2020 - 15:01 WIB
loading...
Kota Beijing Longgarkan Aturan Karantina Paling Cepat Kamis
Komuter memakai masker di jalanan Beijing, China, 28 April. Foto/REUTERS/Carlos Garcia Rawlins
A A A
BEIJING - Kota Beijing berencana melonggarkan aturan karantina untuk beberapa pelancong domestik dari wilayah risiko rendah di China paling cepat Kamis (30/4).

Saat ini Beijing sedang bersiap untuk perkumpulan politik besar. “Orang yang datang dari tempat lain di China tidak lagi memerlukan karantina dua pekan kecuali mereka berasal dari wilayah risiko tinggi seperti Heilongjiang di utara dan beberapa wilayah Guangdong di tenggara,” ungkap sumber yang mengetahui rencana itu secara anonim pada Reuters.

Pemerintah Beijing belum memberikan respon resmi tentang rencana itu.

Saat ini, bahkan warga China yang tinggal di Beijing tidak diizinkan kembali ke rumah tanpa pengecualian karantina dengan kondisi khusus. Mereka yang menolak menaati aturan itu dapat dihukum.

“Aturan karantina yang diperlonggar itu tidak berlaku untuk pelancong dari luar negeri,” ungkap sumber tersebut.

Beijing mulai Maret lalu melakukan karantina pada semua pelancong dari luar negeri, termasuk warga China, di sejumlah lokasi khusus selama 14 hari.

Kasus corona domestik terus turun. Pembatasan di penjuru China juga mulai diperlonggar. Beijing tak melaporkan ada kasus lokal baru sejak 15 April.

Media melaporkan parlemen akan mulai sidang tahunan penting pada 22 Mei, tanda bahwa negara itu mulai kembali normal. (Baca Juga: Penelusuran Reuters: 2.212 Warga Indonesia Meninggal Bergejala Covid-19)

Perkumpulan Kongres Rakyat Nasional biasanya diikuti lebih dari 5.000 delegasi dari penjuru China selama 10 hari di Beijing.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1574 seconds (0.1#10.140)