Emmanuel Macron Menjamu Mohammed bin Salman di Istana Elysee, Kelompok HAM Marah

Sabtu, 17 Juni 2023 - 16:28 WIB
loading...
A A A
Macron sebelumnya juga menjamu Putra Mahkota Mohammed bin Salman tahun lalu di Paris, dalam pertemuan kelompok-kelompok HAM yang juga dikritik karena Prancis mengubah citra Mohammed bin Salman di panggung dunia.

Sevag Kechichian, seorang peneliti Teluk di Dawn, mengatakan kepada Middle East Eye bahwa sulit untuk tidak melihat keterputusan terkait sikap Prancis tentang HAM di negara lain, mengingat bahwa dia menyambut Putra Mahkota Saudi tanpa kritik serupa yang ditujukan kepada kerajaan.

“Tidak mungkin untuk menghindari persepsi bahwa komitmen dan retorika Prancis tentang HAM adalah mementingkan diri sendiri dan munafik, yang selanjutnya membuat para diktator dan pelaku berani melakukan lebih banyak pelanggaran,” kata Sevag kepada Middle East Eye.

"Tidak ada keraguan bahwa MBS [Mohammed bin Salman] akan menganggap Macron menyambutnya dengan hangat sebagai validasi bahwa dia dapat membeli jalan keluar dari apa pun, termasuk pembunuhan."

Callamard dari Amnesty International mengatakan kepada AFP bahwa "Macron telah menjadi arsitek utama rehabilitasi pangeran Saudi sejak 2018".
(mas)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1478 seconds (0.1#10.140)