Kepala IAEA Sebut Situasi PLTN Zaporizhzhia Serius Tapi Stabil

Jum'at, 16 Juni 2023 - 00:55 WIB
loading...
Kepala IAEA Sebut Situasi PLTN Zaporizhzhia Serius Tapi Stabil
Kepala IAEA sebut situasi pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhzhia serius tapi stabil. Foto/Ilustrasi
A A A
KIEV - Kepala Badan Energi Atom Internasional (IAEA) mengatakan situasi di pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhzhia Ukraina "serius" setelah penghancuran bendungan, tetapi sedang dalam proses "stabilisasi".

"Di satu sisi, situasinya serius, konsekuensinya ada dan nyata," kata Direktur Jenderal IAEA Rafael Grossi kepada wartawan saat berkunjung ke situs itu pada Kamis waktu setempat.

"Pada saat yang sama, langkah-langkah diambil untuk menstabilkan situasi," imbuhnya seperti dikutip dari Euronews, Jumat (16/6/2023).



Zaporizhzhia, yang telah diduduki oleh pasukan Rusia sejak tahun lalu dan di mana IAEA memiliki tim ahli setiap saat, telah berulang kali menjadi sasaran pemboman sejak invasi Rusia dimulai. Situs itu telah terputus dari jaringan listrik beberapa kali, menimbulkan kekhawatiran tentang keamanannya.

Salah satu tujuan kunjungan Grossi – yang ketiga sejak konflik dimulai – adalah untuk menentukan sejauh mana fasilitas tersebut terancam oleh kehancuran bendungan Kakhovka di sungai Dnipro minggu lalu.

Air dari reservoir bendungan digunakan untuk mendinginkan enam reaktor, dan bencana banjir setelah kehancuran bendungan telah membuat pasokan berkurang secara mengkhawatirkan. Reaktor operasi terakhir pabrik itu dimasukkan ke "cold shutdown" minggu lalu untuk meminimalkan risiko bencana.



Namun, Grossi menyatakan bahwa pabrik tersebut memiliki air yang cukup untuk tujuan keamanan.

"Saya bisa melihat kolam pendingin pintu irigasi, saluran yang membentuk sistem pendingin penting," tambahnya.

"Sangat penting bagi saya untuk dapat membuat penilaian sendiri atas situasi ini dengan para ahli saya," tukasnya.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1265 seconds (0.1#10.140)