5 Pertimbangan untuk Mengukur Kesuksesan Serangan Balasan Ukraina ke Rusia

Kamis, 15 Juni 2023 - 15:18 WIB
loading...
A A A
Lee mengatakan, strategi Moskow bertujuan untuk memaksimalkan korban Ukraina sebelum Kyiv dapat mencapai garis pertahanan utama Rusia sekitar 10-15 km. "Tidak ada gunanya (mereka) bertempur sampai mati di sana atau mempertaruhkan pengepungan," katanya.

Apakah berhasil?

Gambar yang dibagikan oleh blogger militer Rusia menunjukkan kendaraan tempur infanteri Bradley buatan AS dan tank Leopard 2 yang hancur atau rusak, item utama bantuan militer yang dikirim oleh Barat untuk serangan balasan.

Ukraina telah kehilangan hingga 15% kendaraan tempur Bradley dan beberapa persen Leppard 2. Meskipun ada kemungkinan pasukan Ukraina telah menemukan kembali beberapa kendaraan lainnya dan kembali meminta bantuan Barat.


3. Terus Mengawasi Pergerakan Tentara Rsusia

5 Pertimbangan untuk Mengukur Kesuksesan Serangan Balasan Ukraina ke Rusia

Foto/Reuters

Ukraina menyiagakan sebagian besar pasukan cadangan di wilayah pinggiran. Itu bertujuan untukmengawasi pergerakan tentara Moskow untuk menopang garis pertahanan.

Tentara Ukraina ingin menyerang wilayah yang pertahanan Rusianya lebih ringan, termasuk di Ukraina timur. "Ukraina punya pilihan," kata Ben Barry, peneliti senior perang darat di International Institute for Strategic Studies.

“Itu tidak dapat mencapai kejutan strategis tetapi akan berusaha sekuat tenaga untuk mencapai kejutan operasional dan taktis. Itu akan melibatkan penyembunyian, kamuflase, penipuan, informasi yang salah yang mereka gunakan dengan cukup sukses musim gugur lalu," papar Barry.

4. Mempersiapkan 40.000 Tentara


Ukraina telah mempersiapkan serangan balasan setidaknya selama enam bulan setelah merebut kembali kota besar Kherson di barat daya pada November, wilayah Kharkiv pada September dan memaksa pasukan Rusia mundur dari sekitar Kyiv pada April.

Militer Ukraina membentuk 12 brigade lapis baja untuk operasi tersebut , sembilan di antaranya dilatih dan diperlengkapi oleh Barat. Brigade biasanya terdiri dari setidaknya 3.500-4.000 tentara. Ukraina mengatakan telah membentuk delapan brigade penyerangan yang terdiri dari 40.000 tentara yang direkrut oleh Kementerian Dalam Negeri.

Konrad Muzyka, seorang analis militer berbasis di Polandia, mengatakan hanya tiga dari 12 brigade yang terlihat dalam pertempuran di tenggara sejauh ini. Serangan utama terjadi di dekat kota Orikhiv yang dikuasai Kyiv di wilayah Zaporizhzhia dan Velyka Novosilka di wilayah Donetsk, sekitar 80 km ke arah timur.

5. Kemajuan Tentara Ukraina Akan Melambat

5 Pertimbangan untuk Mengukur Kesuksesan Serangan Balasan Ukraina ke Rusia

Foto/Reuters
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1637 seconds (0.1#10.140)