Gadis 16 Tahun Asal India Pecahkan Rekor Menari 5 Hari Nonstop

Kamis, 15 Juni 2023 - 13:45 WIB
loading...
Gadis 16 Tahun Asal India Pecahkan Rekor Menari 5 Hari Nonstop
Srushti Sudhir Jagtap menari tarian India selama lima hari. Foto/Guinness World Records
A A A
NEW DELHI - Seorang gadis berusia 16 tahun di India memecahkan Rekor Dunia Guinness dengan menari selama 127 jam atau 5 hari dengan istirahat yang sangat singkat. Gadis bernama Srushti Sudhir Jagtap mulai menari sejak 29 Mei 2023 dan terus menari hingga sore hari 3 Juni 2023, setelah 127 jam menari mengikuti musik.

Srushti hanya diberi waktu istirahat lima menit setiap jam. Remaja itu memilih menari dengan gaya Kathak, salah satu dari delapan bentuk utama tarian klasik India.

"Saya ingin mempromosikan budaya India kami," katanya kepada Guinness World Records.



Rekor sebelumnya untuk tarian maraton terpanjang oleh seorang individu ditetapkan pada 126 jam oleh penari Nepal Bandana Nepal pada 2018.

Tari maraton tari Srushti berlangsung di auditorium kampusnya, yang dipadati para pendukung.“Ada saat-saat dia terlalu lelah, tetapi orang tuanya selalu berada di sisinya, menyemprot wajahnya dengan air agar tetap segar,” kata seorang juri GWR Swapnil Dangarikar.

Gadis 16 Tahun Asal India Pecahkan Rekor Menari 5 Hari Nonstop

Foto/Guinness World Records

“Tarian yang sangat mengesankan secara keseluruhan," imbuhnya.

Setelah menari selama lima hari, Srushti tidur sepanjang hari.

Untuk mencapai rekor ini, gaya tarian yang diakui harus dilakukan dengan standar yang masuk akal, dan kaki peserta harus bergerak mengikuti musik setiap saat.

Srushti menampilkan gaya tarian Kathak, yang merupakan salah satu dari delapan bentuk utama tarian klasik India. Dia memutuskan untuk memecahkan rekor ini karena itu adalah mimpinya untuk mewakili India melalui tarian.

Srushti bersiap untuk percobaan rekornya selama 15 bulan. Dia dilatih oleh kakeknya, Baban Mane, yang mengajarinya Yoga Nidra, suatu bentuk meditasi terpandu yang juga dikenal sebagai tidur yoga.

Tujuan Yoga Nidra adalah untuk mengaktifkan gelombang otak delta – terkait dengan penyembuhan dan pemulihan tubuh selama tidur nyenyak – saat terjaga. Srushti mengatakan ini memberinya "kendali atas tidur".

Latihan harian Srushti melibatkan hingga empat jam meditasi terbimbing, enam jam latihan menari, dan tiga jam latihan lainnya. Dia tidur jam 10 malam. dan bangun jam 3 pagi setiap hari, tidur sekitar lima jam per malam.



Hebatnya, Srushti menampilkan dua tarian maraton selama 126 jam di rumah sebagai bagian dari persiapannya. Karena itu, dia mengatakan bahwa upaya resminya tidak terlalu sulit.

Gadis 16 Tahun Asal India Pecahkan Rekor Menari 5 Hari Nonstop

Foto/Guinness World Records

Selain kopi, Srushti tidak mengonsumsi stimulan apa pun untuk membantunya terjaga selama upaya pencatatan. Dia minum air kelapa dan makan cokelat agar tetap segar.

Hari terakhir percobaan rekor Srushti sangat sulit baginya. "Tubuh saya tidak merespons," katanya.

“Semua bagian tubuh saya terasa beku dan sakit. Tapi secara mental saya fokus pada tujuan saya.

“Karena latihan yang kuat, saya terbiasa dengan semua perubahan dalam pikiran dan tubuh saya, jadi saya tenang dan tenang hingga akhir.”

Sesuai pedoman Rekor Dunia Guinness untuk catatan maraton terpanjang, peserta diizinkan istirahat lima menit untuk setiap jam aktivitas terus menerus. Istirahat ini dapat diakumulasikan jika tidak diambil. Itu adalah satu-satunya saat Srushti bisa tidur atau menggunakan kamar mandi selama percobaan.

Srushti mengambil istirahatnya kebanyakan pada tengah malam, menggunakan waktu untuk tidur siang atau berbicara dengan orang tuanya untuk penyegaran otak. Tanpa dukungan kuat dari kedua orang tuanya, Sudhir dan Sanjivani Jagptap, Srushti mengatakan dia mungkin tidak akan berhasil sampai akhir.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1237 seconds (0.1#10.140)