Jadi Sasaran Vandalisme, Patung Christopher Columbus Dipindahkan

Sabtu, 25 Juli 2020 - 01:04 WIB
loading...
Jadi Sasaran Vandalisme, Patung Christopher Columbus Dipindahkan
Jadi sasaran vandalisme, patung Christopher Columbus di Chicago, AS dipindahkan. Foto/WWNY
A A A
CHICAGO - Dua patung Christopher Columbus yang berada di kota Chicago, Amerika Serikat (AS), telah dipindahkan untuk sementara. Itu terjadi seminggu setelah pengunjuk rasa berusaha untuk menjatuhkan patung penjelajah asal Italia di kota tersebut.

Meskipun bersifat sementara, kedua patung itu adalah monumen terbaru yang harus dihilangkan di tengah reaksi yang berkelanjutan terhadap simbol-simbol yang dianggap bias dan imperialisme rasial di AS.

Gerakan ini dipicu oleh kematian pria Afro Amerika George Floyd saat ditangka polisi. Kematiannya di Minneapolis telah menyebabkan aksi protes di AS dan dunia internasional terhadap kebrutalan polisi serta ketidaksetaraan ras.(Baca: Viral, Video Pria Kulit Hitam Meninggal Dicekik Polisi AS )

Pejabat Kantor Walikota Chicago Lori Lightfoot mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa patung-patung Columbus - di Grant Park dan Arrigo Park - telah dipindahkan sementara sampai pemberitahuan lebih lanjut atas perintahnya.

Keputusan itu diambil setelah para pemrotes bentrok dengan polisi ketika mereka berusaha menjatuhkan patung penjelajah itu di Grant Park pada pekan lalu.

"Rasanya luar biasa melihat patung itu jatuh," kata warga Brenda Armenta kepada kantor berita AFP sambil menyaksikan pemindahan monumen Grant Park pada Jumat pagi seperti dinukil BBC, Sabtu (25/7/2020).

Beberapa jam sebelumnya ada konfrontasi yang memanas antara pengunjuk rasa dan pendukung patung.

Pada bulan Juni, sebuah patung perunggu Columbus setinggi 3 meter digulingkan di Saint Paul, Minnesota, sementara yang lain di Boston, yang berdiri di atas alas di jantung kota, dipenggal kepalanya.(Baca: Trump Ancam Jebloskan Pelaku Perusakan Patung ke Penjara )

Banyak orang di AS merayakan ingatan penjelajah, yang di banyak buku pelajaran dikreditkan dengan menemukan "Dunia Baru" di abad ke-15.

Tetapi para aktivis penduduk asli Amerika dan lainnya telah lama keberatan untuk menghormati Columbus, dengan mengatakan ekspedisinya mengarah pada penjajahan dan genosida leluhur mereka.
(ber)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1533 seconds (0.1#10.140)