Hamas Sangkal Berunding untuk Gencatan Senjata Jangka Panjang dengan Israel

Selasa, 13 Juni 2023 - 19:30 WIB
loading...
Hamas Sangkal Berunding untuk Gencatan Senjata Jangka Panjang dengan Israel
Juru bicara Hamas Hazem Qassem. Foto/hazemaq/Twitter
A A A
GAZA - Kelompok pejuang Palestina, Hamas, pada Senin (12/6/2023) membantah laporan tentang mengadakan pembicaraan di Mesir untuk gencatan senjata jangka panjang dengan Israel.

Kantor berita Anadolu Agency melaporkan hal tersebut. Pekan lalu, delegasi dari kelompok Hamas dan Jihad Islam mengadakan pembicaraan dengan pejabat Mesir di Kairo mengenai perkembangan di Wilayah Palestina.

Perdana Menteri (PM) Palestina Mohammad Shtayyeh juga mengunjungi Mesir untuk melakukan pembicaraan dengan para pejabat di sana.

Beberapa laporan media muncul bahwa pembicaraan difokuskan mencapai gencatan senjata jangka panjang antara faksi Palestina yang berbasis di Gaza dan Israel.

"Laporan tentang negosiasi gencatan senjata jangka panjang dengan Israel tidak berdasar dan tanpa kebenaran," ungkap juru bicara Hamas Hazem Qassem.

Dia menambahkan, “Delegasi Hamas menjelaskan pejabat Mesir tentang perkembangan terbaru sehubungan dengan agresi Israel yang sedang berlangsung di Yerusalem dan Tepi Barat serta pelanggaran terhadap kesucian tempat-tempat suci."

“Pembicaraan itu juga mencakup peran Mesir dalam mendukung rakyat Palestina dan tujuan mereka," papar juru bicara itu.



Bulan lalu, 33 warga Palestina tewas dan puluhan orang lainnya luka-luka, termasuk beberapa pemimpin Jihad Islam, dalam serangan udara Israel di Gaza, menurut Kementerian Kesehatan Palestina.

Israel mengatakan serangan itu sebagai tanggapan atas tembakan roket dari Gaza. Kekerasan terhenti pada 13 Mei dengan gencatan senjata yang ditengahi Mesir.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1714 seconds (0.1#10.140)