Wilayah Kherson Rusia Akui Ukraina sebagai Bahasa Resmi

Senin, 12 Juni 2023 - 17:21 WIB
loading...
Wilayah Kherson Rusia Akui Ukraina sebagai Bahasa Resmi
Orang-orang mengantre di kantor pemerintah daerah di Wilayah Kherson, 28 Februari 2023. Foto/Sputnik/Aleksey Maishev
A A A
KHERSON - Gubernur Wilayah Kherson Rusia Vladimir Saldo mengumumkan Ukraina dan Tatar Crimea dapat digunakan sebagai bahasa resmi di wilayah tersebut, selain bahasa Rusia.

Mengomentari pada Minggu, Vladimir Saldo mengatakan, “Warga Rusia memiliki hak untuk pilihan bahasa yang bebas dalam komunikasi, pengasuhan, budaya, dan seni."

“Melindungi nilai-nilai budaya, spiritual, dan sejarah masyarakat adalah salah satu prioritas pemerintah di Wilayah Kherson dan secara lebih luas di seluruh Rusia,” ungkap Saldo dalam posting Telegram, di mana dia menerbitkan teks keputusannya tentang penggunaan bahasa resmi.

Berdasarkan keputusan tersebut, pejabat publik dan lembaga pemerintah dapat memilih salah satu dari tiga bahasa untuk komunikasi resmi.

Penduduk di wilayah tersebut juga dapat memilih dengan bebas, dan dapat mengajukan permintaan kepada pejabat publik dalam salah satu dari tiga bahasa tersebut dan meminta jawaban dalam bahasa yang sama.

“Dalam hal pejabat publik tidak dapat memberikan jawaban dalam bahasa yang ditentukan, tanggapan akan diberikan dalam bahasa Rusia,” ungkap dekrit tersebut.



Wilayah Kherson bergabung dengan Rusia, bersama dengan wilayah tetangga Zaporozhye dan Republik Rakyat Donetsk dan Lugansk pada musim gugur 2022, setelah serangkaian referendum.

Pada April, Kementerian Pendidikan Rusia mengatakan siswa di empat wilayah baru akan dapat belajar bahasa Ukraina sebagai bahasa ibu mereka atau sebagai kursus tambahan.

Kementerian juga mengatakan telah mengembangkan buku teks bahasa Ukraina baru untuk siswa sekolah dasar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1267 seconds (0.1#10.140)