Baku Tembak di Dua Kantor Polisi Vietnam, Sejumlah Orang Tewas

Minggu, 11 Juni 2023 - 20:00 WIB
loading...
Baku Tembak di Dua Kantor Polisi Vietnam, Sejumlah Orang Tewas
Ilustrasi
A A A
HANOI - Beberapa orang tewas dan terluka dalam penembakan di dua markas polisi di Dataran Tinggi Tengah Vietnam pada Minggu (11/6), kata pihak berwenang. Enam orang ditangkap sehubungan dengan penembakan di distrik Cu Kuin di provinsi Dak Lak.

Seperti dilaporkan AFP, serangan di markas polisi komune Ea Tieu dan Ea Ktur terjadi pada dini hari. Sejumlah orang, termasuk polisi, pejabat lokal dan warga sipil tewas dan terluka. Namun, tidak diakui angka pasti korban tewas.



Polisi tidak dapat dihubungi untuk dimintai komentar. Dataran Tinggi Tengah, rumah bagi sejumlah etnis minoritas, dianggap sebagai daerah sensitif bagi pemerintah otoriter Vietnam dan telah lama menjadi pusat ketidakpuasan atas isu-isu yang mencakup hak atas tanah.

Beberapa suku di daerah itu - secara kolektif dikenal sebagai Montagnards - memihak selatan yang didukung Amerika Serikat (AS) selama perang Vietnam yang berlangsung puluhan tahun. Beberapa menyerukan otonomi lebih, sementara yang lain di luar negeri mengadvokasi kemerdekaan untuk wilayah tersebut.

Beberapa media pemerintah menarik laporan mereka tentang insiden tersebut pada hari Minggu, sebelumnya sebelum menerbitkannya kembali beberapa jam kemudian.



Kekerasan senjata sangat jarang terjadi di Vietnam, di mana warga negara dilarang memiliki senjata api dan pasar gelap senjata terbatas.

Empat orang ditembak mati di arena judi sabung ayam ilegal di pinggiran kota Ho Chi Minh pada Januari 2020. Dalam penembakan langka lainnya pada tahun 2016, dua pejabat senior di provinsi Yen Bai utara dibunuh oleh seorang rekan di kantor mereka sebelum pria bersenjata itu menembak dirinya sendiri.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1069 seconds (0.1#10.140)