Terekam Kamera, Belasan Tentara Meksiko Hajar lalu Eksekusi Mati 5 Pria

Minggu, 11 Juni 2023 - 06:30 WIB
loading...
Terekam Kamera, Belasan Tentara Meksiko Hajar lalu Eksekusi Mati 5 Pria
Belasan tentara Meksiko terekam kamera menghajar lima pria sebelum akhirnya mengeksekusi mereka dengan tembakan. Foto/Diario El Pais/Handout via REUTERS
A A A
MEXICO CITY - Belasan tentara Meksiko terekam kamera telah menghajar lima pria sebelum akhirnya mengeksekusi mati mereka dengan tembakan.

Kementerian Pertahanan Meksiko pada hari Sabtu mengatakan sebanyak 16 personel militer yang diduga terlibat dalam eksekusi tersebut telah ditangkap.

Penangkapan itu terjadi setelah pengadilan militer pada Kamis mengeluarkan 16 surat perintah penangkapan terhadap personel militer yang terlibat atas kejahatan yang bertentangan dengan disiplin militer.

Mengutip Reuters, Minggu (11/6/2023), keputusan kementerian juga sebagai respons atas publikasi oleh media lokal pada hari Selasa tentang video tertanggal 18 Mei dari negara bagian utara Tamaulipas. Video, yang belum diketahui siapa perekamnya, menunjukkan belasan tentara mengepung sebuah truk pickup setelah menabrak tembok dengan kecepatan tinggi.



Video tersebut juga memperlihatkan para tentara menarik lima pria dari truk pickup dengan tendangan dan pukulan sebelum mendorong mereka ke dinding. Seorang tentara terlihat mengeluarkan senjata panjang dari truk.

Pasukan kemudian tampak berlindung dan menembak ke kejauhan pada sasaran yang tak terlihat, sebelum akhirnya mengeksekusi tembak kelima pria tersebut.

Presiden Andres Manuel Lopez Obrador mengatakan pada konferensi pers awal pekan ini bahwa pembunuhan itu tampaknya merupakan eksekusi.

Perwakilan hukum untuk tentara tidak dapat segera dihubungi untuk dimintai komentar.
(mas)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1295 seconds (0.1#10.140)