Suarakan Kejahatan Israel Terhadap Anak-anak, Gaza Gelar Festival Seni

Jum'at, 09 Juni 2023 - 22:04 WIB
loading...
Suarakan Kejahatan Israel Terhadap Anak-anak, Gaza Gelar Festival Seni
Seniman Palestina menggelar festival seni di Jalur Gaza untuk mengungkapkan kejahatan Israel terhadap anak-anak. Foto/The New Arab
A A A
GAZA - Puluhan seniman Palestina meluncurkan festival seni di Jalur Gaza , wilayah kantong di pantai yang diblokade Israel, untuk mesimulasikan penderitaan anak-anak.

Bertajuk "The Occupation Kills Children", festival ini diselenggarakan oleh 26 lembaga budaya dan nonpemerintah lokal di Gaza. Festival itu dilakukan di atas puing-puing rumah yang terletak di Dir al-Balah di pusat Gaza, yang dihancurkan habis-habisan oleh pesawat tempur Israel bulan lalu.

Beberapa seniman menggambar lukisan grafiti di sisa-sisa reruntuhan, yang lain menampilkan figur anak-anak yang ketakutan selama agresi Israel di Gaza, sementara sekelompok anak menampilkan drama teatrikal tragis seorang ibu yang kehilangan semua anaknya dalam serangan udara Israel yang tiba-tiba.

"Kami memutuskan untuk menggunakan seni untuk menyampaikan pesan kami kepada dunia bahwa ada anak-anak di Gaza yang menderita kejahatan Israel untuk sementara waktu," ujar Fedaa Younis, koordinator festival, The New Arab.

"Jika ada anak di dunia yang terkena bahaya, dunia akan bangkit untuk mendukungnya, tetapi anak-anak Gaza menjadi sasaran pembunuhan, kehancuran, pemindahan dan ketakutan, dan tidak ada yang peduli dengan mereka," imbuh Younis.



“Kami membutuhkan dunia untuk mendukung Palestina, yaitu anak-anak, dan menekan Israel untuk menghentikan semua kejahatannya terhadap anak-anak kami agar mereka dapat hidup damai di negara mereka,” tambahnya seperti dikutip dari The New Arab, Jumat (9/6/2023).

Pada bulan Mei, Israel meluncurkan konflik lima hari melawan Jihad Islam Palestina (PIJ) yang menewaskan sedikitnya 34 warga Palestina, terutama wanita dan anak-anak, dan lebih dari 100 orang terluka.

Menyusul upaya besar-besaran oleh para mediator, Mesir mengumumkan perjanjian gencatan senjata antara Israel dan PIJ untuk mengakhiri serangan berdarah di Gaza, yang juga menghancurkan dan merusak puluhan bangunan tempat tinggal.

Setidaknya 28 dari yang tewas adalah anak-anak, menurut kementerian kesehatan Palestina yang dikelola Hamas di Gaza, sementara puluhan lainnya terluka.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1936 seconds (0.1#10.140)