Gunung Berapi Mayon Diprediksi Meletus, Warga Diminta Waspada

Kamis, 08 Juni 2023 - 23:00 WIB
loading...
Gunung Berapi Mayon Diprediksi Meletus, Warga Diminta Waspada
Gunung Berapi Mayon Diprediksi Meletus, Warga Diminta Waspada. FOTO/Reuters
A A A
MANILA - Ilmuwan Filipina mengatakan bahwa "letusan berbahaya" gunung berapi di kepulauan itu bisa terjadi beberapa hari atau minggu lagi. Mereka mendesak evakuasi penduduk terdekat dari rumah mereka.

Seperti dilaporkan AFP, ratusan keluarga yang tinggal di sekitar Gunung Mayon di Provinsi Albay tengah diperkirakan akan dipindahkan ke daerah yang lebih aman. Langkah ini diambil setelah Institut Vulkanologi dan Seismologi Filipina membunyikan alarm.



Gunung Mayon, yanga terletak sekitar 330 kilometer tenggara ibu kota Manila, dianggap sebagai salah satu dari 24 gunung berapi aktif negara yang paling mudah menguap.

Badan Seismologi mengatakan, telah mengamati tiga longsoran abu vulkanik, batu, dan gas yang bergerak cepat, yang dikenal sebagai arus kepadatan piroklastik (PDC), di lereng Mayon pada Kamis (8/6/2023).

“Ada peningkatan kemungkinan aliran lahar dan PDC berbahaya dan potensi aktivitas eksplosif dalam beberapa minggu atau bahkan hari," kata badan tersebut. Kondisi ini menaikkan tingkat kewaspadaan dari dua menjadi tiga pada skala nol hingga lima.



“Semua persiapan yang diperlukan sedang dilakukan,” kata Eugene Escobar, pejabat yang bertanggung jawab atas badan penanggulangan bencana Provinsi Albay.

Rommel Negrete, petugas BMKG, mengatakan warga akan dievakuasi dari desa Anoling di lereng gunung berapi.

Sementara itu, gunung berapi Taal, yang terletak sekitar 50 kilometer selatan Manila, telah melepaskan sulfur dioksida minggu ini. Semburan sulfur dioksida menyelimuti daerah sekitarnya dengan kabut asap dan mendorong peringatan agar orang tetap tinggal di dalam rumah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2121 seconds (0.1#10.140)