Dikira Milik Ukraina, Rusia Tembak Jatuh Drone Sendiri di Crimea

Kamis, 08 Juni 2023 - 10:34 WIB
loading...
Dikira Milik Ukraina, Rusia Tembak Jatuh Drone Sendiri di Crimea
Rusia menembak jatuh drone sendiri di Crimea setelah salah mengira itu milik Ukraina. Foto/EurAsian Times
A A A
MOSKOW - Pasukan Rusia menembak jatuh drone Mohajer-6 buatan Iran yang dikerahkannya ke Crimea setelah salah mengira itu sebagai salah satu dari banyak pesawat tak berawak Ukraina.

Media pemerintah Rusia awalnya melaporkan pada 6 Juni bahwa drone yang ditembak jatuh di Crimea adalah UAV tempur Ukraina.

Namun, setelah foto-foto drone tersebut menjadi viral, terkonfirmasi bahwa itu adalah drone Mohajer-6 buatan Iran yang dioperasikan militer Moskow.



Media Ukraina dan akun media sosial pro-Ukraina dengan cepat mencemooh insiden tak terduga tersebut, melabelinya sebagai kesalahan oleh "pasukan demoralisasi" Rusia.

Drone itu jatuh di bagian timur Crimea, dan insiden itu dikaitkan dengan sistem Electronic Warfare (EW) Moskow yang tangguh.

“Di bagian timur Crimea, UAV musuh macet dan mendarat dengan sistem EW. Tidak ada korban jiwa dan tidak ada kehancuran. Saya meminta Anda untuk tetap tenang dan percaya hanya pada sumber informasi yang terverifikasi,” kata Sergey Aksenov, kepala administrasi Crimea yang ditunjuk Rusia, sebelum terkonfirmasi bahwa itu UAV Mohajer-6, seperti dikutip Newsweek, Kamis (8/6/2023).

Anton Gerashchenko, seorang penasihat Kementerian Dalam Negeri Ukraina, menulis di Twitter pada hari Rabu: "Tampaknya pasukan Rusia menjatuhkan drone Mohajer-6 Iran [milik] mereka sendiri. Kerja bagus!"

Rob Lee, seorang senior fellow di lembaga think tank Foreign Policy Research Institute, mengatakan di media sosial bahwa apa yang tampak seperti Mohajer-6 yang dioperasikan oleh Rusia bisa saja dijatuhkan oleh pertahanan udara Rusia.

Akun pemantau senjata yang berfokus pada Ukraina, Ukraine Weapons Tracker, menulis di Twitter: "Itu adalah insiden friendly-fire."
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1237 seconds (0.1#10.140)