Nikki Haley Sebut Perang Dunia III Jika Ukraina Kalah Perang

Rabu, 07 Juni 2023 - 02:37 WIB
loading...
A A A
Sementara banyak yang telah ditulis tentang kemungkinan invasi Rusia ke Polandia atau negara-negara Baltik, bahkan sebagian besar pakar AS mengakui kemungkinannya kecil.

Menyerang salah satu negara tersebut akan memicu Pasal 5, klausul pertahanan bersama NATO, mengubah konflik yang banyak digambarkan sebagai perang proksi antara Moskow dan Brussels menjadi perang langsung antara kekuatan nuklir.

Haley dengan cepat membedakan dirinya dalam masalah kebijakan luar negeri dari mantan bosnya, Donald Trump, yang menyindir awal tahun ini bahwa AS, bukan Rusia, yang membutuhkan perubahan rezim.

Dia juga membedakan dirinya dari rivalnya yang lain, Ron DeSantis, yang meremehkan konflik di Ukraina sebagai sebuah sengketa teritorial.

Selama audiensi balai kota, Haley sekali lagi mencemooh gagasan untuk tetap netral dalam konflik Ukraina. "Ini adalah perang tentang kebebasan dan itu yang harus kita menangkan," ujarnya.

Ketika Haley menjabat sebagai Duta Besar AS untuk PBB di bawah Trump, dia tidak merahasiakan kecenderungan intervensionisnya, bahkan mengumumkan putaran sanksi yang tidak terduga terhadap Rusia yang kemudian harus dicabut oleh Gedung Putih.

Dia telah mendesak pemerintahan Joe Biden untuk menyerah pada tuntutan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky untuk jet tempur F-16 selama berbulan-bulan dan menjatuhkan lebih banyak sanksi, bersikeras bahwa Washington terlalu lunak terhadap Moskow.
(mas)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1079 seconds (0.1#10.140)