10 Pesawat Terbesar di Dunia, Nomor 6 Paling Sukses dan Populer

Selasa, 06 Juni 2023 - 12:49 WIB
loading...
10 Pesawat Terbesar di Dunia, Nomor 6 Paling Sukses dan Populer
Teknologi pesawat terus berkembang. Foto/Reuters
A A A
WASHINGTON - Pesawat terbang menjadi teknologi yang berkembang sangat pesat. Dalam waktu lebih dari seratus tahun, manusia telah berubah dari hampir tidak bisa bertahan di udara selama lebih dari beberapa detik menjadi menerbangkan ratusan orang ke seluruh dunia.

Beberapa dari pesawat besar ini bahkan dapat membawa kereta, meskipun mungkin bukan sebagai barang bawaan. Produsen pesawat masih mendorong batasan dalam hal desain. Peningkatan efisiensi dan kecepatan berarti penumpang dapat melakukan perjalanan dunia lebih cepat dan lebih nyaman daripada sebelumnya.

Berikut adalah 10 pesawat terbesar di dunia versi BBC Science Focus dan Science Focus.

10. Boeing Dreamliner - 60,12 m

10 Pesawat Terbesar di Dunia, Nomor 6 Paling Sukses dan Populer

Foto/Reuters

Boeing 787-8 Dreamliner pertama kali memasuki layanan pada 2011 dan merupakan salah satu pesawat komersial tercepat di langit.

Pesawat tersebut mampu melaju dengan kecepatan propulsi maksimum 944km/jam.

Desain sayapnya dan mesinnya yang canggih memang pesawat itu dirancang untuk 20% lebih efisien daripada Boeing 767 yang digantikannya. Fakta menyenangkan lainnya, Dreamliner memiliki jendela kabin terbesar dari jet komersial mana pun. Itu membuat penumpang di tengah pesawat pun dapat melihat sekilas cakrawala.

9. Airbus A340-500 - 63,45 m

10 Pesawat Terbesar di Dunia, Nomor 6 Paling Sukses dan Populer

Foto/Reuters

Ini mungkin sedikit meningkat dalam hal jet komersial, tetapi A340-500 masih memiliki jangkauan 14.484 km yang mengesankan. Artinya, pesawat dapat terbang tanpa henti dari London ke Perth, Australia, dengan satu tangki bahan bakar.

Namun, karena inefisiensi dan pesawat yang lebih modern menggantikannya, jet tersebut dihentikan secara bertahap dari layanan di seluruh dunia.


8. Boeing 747 Dreamlifter - 64,44 m

Pesawat kargo berbadan lebar ini dirancang terutama untuk mengangkut bagian dari pesawat lain (Boeing 787 Dreamliner) dari pabrik ke pabrik perakitan akhir. Namun ukuran dan keserbagunaan kapal barang ini telah menyebabkan masa pakai yang lama.

Hanya empat Dreamlifter yang telah dibangun hingga saat ini, dan pesawat tersebut identik dengan pengangkutan pasokan medis ke seluruh dunia selama pandemi COVID-19.


7. Galaksi Lockheed C5 - 67,89 m

C5 Galaxy merupakan pesawat angkut militer yang telah digunakan oleh Angkatan Udara AS sejak 1969. Mesin dan sistem yang diperbarui berarti versi pesawat ini masih akan beroperasi hingga 2040. Pesawat itu menjalankan perjalanan yang sangat panjang dan mengesankan karena ukurannya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1364 seconds (0.1#10.140)