Kunjungi Pangkalan Rusia di Tajikistan, Lavrov Tegaskan Rencana Barat akan Gagal

Selasa, 06 Juni 2023 - 08:01 WIB
loading...
Kunjungi Pangkalan Rusia di Tajikistan, Lavrov Tegaskan Rencana Barat akan Gagal
Menteri Luar Negeri (Menlu) Rusia Sergey Lavrov. Foto/sputnik
A A A
DUSHANBE - Menteri Luar Negeri (Menlu) Rusia Sergey Lavrov melakukan kunjungan resmi ke Tajikistan. Di sana, dia pertama kali mengunjungi pangkalan militer Rusia ke-201.

Dalam pidatonya kepada para staf di pangkalan militer Rusia, Lavrov mencatat rencana anti-Rusia di Barat tidak akan pernah menjadi kenyataan.

"Kita mengetahui rencana yang tidak hanya direncanakan oleh Barat, tetapi diumumkan secara terbuka sehubungan dengan negara kita... Tidak ada yang meragukan bahwa rencana ini tidak akan terwujud," tegas Lavrov.

Lavrov lebih lanjut mengindikasikan Barat selalu ingin membuka front kedua atau bahkan ketiga melawan Rusia, termasuk di Asia Tengah.

"Barat terus mencari arah tambahan untuk mengganggu Rusia, membuka front kedua dan ketiga," ujar Lavrov.



Dia menambahkan Asia Tengah juga dianggap sebagai front potensial melawan Rusia selain Kaukasus Selatan.

Lavrov juga menggunakan kesempatan itu untuk menyebutkan bahwa AS tidak tertarik melihat perdamaian dan ketenangan di Afghanistan.

Dia menyebut Washington mendukung kelompok teroris. "AS secara aktif mendukung Daesh (ISIS) yang tetap berada di Afghanistan, dan Al-Qaeda serta struktur teroris lainnya yang berafiliasi dengan mereka. Tujuannya sederhana, tidak membiarkan Afghanistan menjadi tenang," papar Menlu Rusia.

Lavrov juga menyoroti fakta Eropa telah memutuskan berperang melawan Rusia, dan Moskow perlu mencapai tujuannya dalam perang ini.

“Konsep kebijakan luar negeri kita mengatakan Eropa telah memilih jalan perang dengan kita. ...Oleh karena itu, tentu saja, kita masih harus hidup berdampingan dengan mereka, tetapi jika ini adalah perang, maka kita harus mencapai tujuan kita," ungkap Lavrov.

Dia juga mengatakan Eropa berusaha mendapatkan sesuatu yang bukan milik mereka, sedangkan Rusia menginginkan "apa yang menjadi milik kita".

Diplomat top Rusia juga menyatakan pengiriman jet F-16 ke Ukraina merupakan eskalasi lain karena pesawat tempur tersebut memiliki satu modifikasi yang berkemampuan nuklir.

Menurut Lavrov, tidak ada yang dikesampingkan terkait bantuan militer Barat ke Ukraina.

“Mereka telah membuktikan ini ketika, setelah senjata jarak jauh modern, setelah tank, mereka sekarang dengan serius mempersiapkan F-16… mereka bersiap melanjutkan eskalasi perang. Ada banyak pembicaraan tentang di mana ini pesawat akan lepas landas dari ... Kita harus ingat bahwa salah satu modifikasi F-16 benar-benar dapat membawa senjata nuklir," ungkap dia.

Sebagai kesimpulan, Lavrov menunjukkan, "tekad telah terakumulasi (di Rusia) untuk tidak pernah dipimpin oleh aturan yang diberlakukan Washington. Untuk waktu yang lama, jika tidak dengan cepat, tapi pasti, (AS) kehilangan perannya, lebih dan lebih banyak negara kecewa pada mereka."

Lavrov juga dijadwalkan bertemu Presiden Tajikistan Emomali Rahmon dan mengadakan pembicaraan dengan Menlu Tajikistan Sirodjiddin Mukhriddin.

Kunjungan menteri luar negeri Rusia akan berlangsung selama dua hari, di mana dia juga akan berpidato di Universitas Rusia-Tajikistan.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1695 seconds (0.1#10.140)