5 Fakta Tobol Electronic Warfare System milik Rusia, Nomor 3 Mampu Mengacaukan Satelit Milik Elon Musk

Senin, 05 Juni 2023 - 13:30 WIB
loading...
5 Fakta Tobol Electronic Warfare System milik Rusia, Nomor 3 Mampu Mengacaukan Satelit Milik Elon Musk
Sistem perang elektronik Tobol menjadi andalan Rusia yang mampu mengacaukan sistem pertahanan Ukraina. Foto/Reuters
A A A
MOSKOW - Rusia mengklaim memiliki sistem peperangan elektronik melawan Ukraina yang didukung oleh Amerika Serikat (AS) dan NATO. Sistem itu bernama Tobol yang mampu melemahkan tentara Ukraina.

Kehadiran Tobol itu menjadi bukti bahwa Rusia menjadi negara terdepan dalam mengembangkan sistem teknologi perang dengan basis teknologi modern.

Melansir Digital Journal, upaya Moskow untuk memutuskan akses internet pasukan Ukraina lebih canggih dari yang diketahui sebelumnya. Akibatnya, sistem pertahanan udara Ukraina menjadi kacau balau. Itu juga menyebabkan tentara Ukraina tak bisa berkomunikasi secara maksimal.

Selain itu, sistem perang elektronik Tobol juga mampu mengganggu operasional drone yang dikendalikan dengan satelit. Akhirnya, banyak drone milik Ukraina tak bisa melakukan serangan maksimal dan menarget musuh dengan presisi karena gangguan dari Tobol.

Berikut 5 fakta tentang sistem peperangan elektronik Tobol milik Rusia.

1. Rusia Kembangkan Teknologi Perang

5 Fakta Tobol Electronic Warfare System milik Rusia, Nomor 3 Mampu Mengacaukan Satelit Milik Elon Musk

Foto/Defense Express

Kementerian Pertahanan Federasi Rusia terus mengembangkan teknologi perang terbaru. Salah satunya adalah mengembangkan sistem peperangan elektronik yang mampu mengacaukan sinyal dari pesawat ruang angkasa di orbit geostasioner.

Teknologi itu mampu merusak perangkat elektronik musuh sehingga tidak dapat diperbaiki. Proyek itu disebut dengan sistem perang elektronik Tobol 14Ts227. Dalam dokumen yang bocor, Pentagon menyebut teknologi tersebut disebut dengan program misterius. Rusia telah bereksperimen dengan platform tersebut selama beberapa bulan.


2. Mengacaukan GPS

Sistem perang elektronik Tobol menargetkan sinyal Global Positioning System (GPS) untuk memutus "sinkronisasi" layanan internet satelit Starlink dengan terminal daratnya.

Zen, sebuah media Rusia, mengutip jurnalis Ukraina Konstantin Ryzhenko yang mengatakan bahwa gangguan Rusia tidak mempengaruhi transmisi data antara satelit Starlink atau terminal darat dengan cara apa pun.

"Sebaliknya, Tobol menargetkan modul GPS yang berkaitan dengan operasi tersinkronisasi terminal dan pesawat ruang angkasa. Penindasan dilakukan di terminal dan bukan di satelit,” demikian laporan tersebut. “Meskipun Starlink tampaknya kebal terhadap sistem perang elektronik pada frekuensi satelit, strukturnya memiliki GPS, yang sayangnya rentan terhadap interferensi elektronik. Jika sinyal GPS macet, Starlink tidak dapat beroperasi," kata Ryzhenko.

Peneliti teknologi perang elektronik Bart Hendrickx menyimpulkan bahwa Tobol bekerja melalui gangguan downlink, di mana sistem tersebut menargetkan sinyal dari satelit ke terminal darat atau stasiun penerima. Bentuk lainnya adalah gangguan uplink di mana sinyal interferensi dicampur dengan siaran asli, yang mendistorsi informasi yang diterima semua pengguna satelit itu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1285 seconds (0.1#10.140)