10 Negara yang Jadi Tempat Pensiun Terbaik, Nomor 8 Paling Bersahabat dengan Ekspatriat

Sabtu, 03 Juni 2023 - 09:06 WIB
loading...
10 Negara yang Jadi Tempat Pensiun Terbaik, Nomor 8 Paling Bersahabat dengan Ekspatriat
Pensiun menjadi masa untuk menikmati hidup. Foto/Reuters
A A A
AMSTERDAM - Orang tak bisa memilih tempat di mana dia akan dilahirkan, tetapi orang bisa memilih tempat di mana dia akan menghabiskan masa pensiunnya. Banyak negara terbaik untuk menghabiskan masa pensiun , tentunya memperhatikan faktor fasilitas kesehatan, lingkungan, hingga biaya hidup.

Hal yang aneh adalah Amerika Serikat (AS) dan China bukan negara yang idamkan untuk menjadi tempat pensiun terbaik. Padahal, keduanya negara adidaya yang saling berebut pengaruh. Banyak negara yang memberikan jaminan keamanan finansial dan kesehatan terbaik dibandingkan kedua negara tersebut. Selain itu, tingkat kejahatan dan penembakan yang tinggi juga membuat banyak para pensiunan dari berbagai negara khawatir.

Natixis, perusahaan manajemen aset dan perbankan investasi menyatakan para pensiunan menyatakan negara terbaik untuk menghabiskan masa tua adalah Australia dan Selandia Baru hingga Norwegia dan Denmark. Mercer, perusahaan konsultasi dan jasa keuangan global, menyatakan AS hanya memperoleh C+ untuk sistem pensiunnya.

Negara-negara yang diberi peringkat Natixis sebagai lokasi pensiun yang aman sebagian besar terkonsentrasi di Eropa tetapi juga mencakup Selandia Baru dan Australia. Tiga negara teratas dalam peringkat adalah Norwegia, Swiss, dan Islandia, yang semuanya memiliki harapan hidup 83 tahun, dibandingkan dengan 77 di AS dan rata-rata dunia 72. Harapan hidup dipertimbangkan dalam indeks kesehatan peringkat, yang juga dianggap sebagai pengeluaran kesehatan. Pemeringkatan juga memiliki kategori kesejahteraan materi, keuangan saat pensiun dan kualitas hidup.

Berikut adalah 10 negara yang menjadi tempat pensiun terbaik.

1. Norwegia

10 Negara yang Jadi Tempat Pensiun Terbaik, Nomor 8 Paling Bersahabat dengan Ekspatriat

Foto/Reuters

Bank Dunia mencatat harapan hidup hampir 83, dibandingkan dengan rata-rata dunia 72 dan 77 untuk Amerika Serikat. Norwegia juga dikatakan memiliki sistem pensiun swasta dan publik yang kuat dengan peringkat ketujuh dalam Indeks Pensiun Global Mercer.

Namun, Indeks Pensiun Global Natixis menempatkan Norwegia berada di peringkat teratas tahun ini karena beberapa alasan. Sebagai permulaan, Norwegia mencapai skor tertinggi dalam kategori Kesehatan, sebagian besar karena harapan hidup rata-rata yang tinggi, yaitu 83 tahun, atau 9 tahun lebih lama dari rata-rata global.

Norwegia juga memiliki skor tertinggi dari semua negara untuk pemerintahan, sebuah kategori yang diukur dengan menilai tingkat korupsi negara, stabilitas politik, dan efektivitas pemerintahan, dan berada dalam hubungan tiga arah dengan Jepang dan Luksemburg dalam kategori Kesehatan.

2. Swiss

Warga Swiss memiliki harapan hidup 83 tahun. Tapi Swiss dikenal memiliki standar hidup (dan biaya tinggi) yang tinggi dan pajak yang rendah serta tempat yang indah untuk dikunjungi.

Negara ini telah membentuk Program Residensi Pensiun khusus untuk mengakomodasi pensiunan yang ingin menetap di sana.

Swiss adalah negara terbaik untuk faktor lingkungan, dan juga memiliki skor keseluruhan tertinggi dalam kategori Keuangan dalam Pensiun.


3. Islandia.

Islandia memiliki dengan harapan hidup 83 tahun, Islandia memiliki sistem pensiun peringkat nomor satu untuk pensiunan lokalnya.

4. Irlandia.

Harapan hidup adalah 82 tahun di Irlandia, sebuah negara yang menurut International Living tercatat fatau pesona orang-orangnya dan bentang alamnya. Menurut Wise, perusahaan teknologi keuangan valuta asing berbasis di Inggris, menyatakan Irlandia juga dikenal memiliki tingkat kejahatan yang sangat rendah dan sistem perawatan kesehatan pemerintah yang murah.

5. Australia.

10 Negara yang Jadi Tempat Pensiun Terbaik, Nomor 8 Paling Bersahabat dengan Ekspatriat

Foto/Reuters
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1278 seconds (0.1#10.140)