15 Negara Terkuat di Asia yang Paling Berkuasa di Dunia, Indonesia Peringkat Berapa?

Sabtu, 03 Juni 2023 - 07:55 WIB
loading...
15 Negara Terkuat di Asia yang Paling Berkuasa di Dunia, Indonesia Peringkat Berapa?
China menjadi negara terkuat di Asia. Foto/Reuters
A A A
JAKARTA - Asia akan menjadi masa depan dunia. Itulah kenapa dalam beberapa tahun kedepan, negara-negara terkuat di dunia akan muncul di Asia. Dominasi Eropa dan Amerika Serikat akan ditumbangkan oleh negara-negara di Asia.

Hingga ada julukan bahwa abad ke-21 sering disebut sebagai abadnya Asia. Menurut lembaga riset terkemuka di dunia, McKinsey, Asia bertanggung jawab atas lebih dari 50% pendapatan domestik bruto (PDB) global menjelang pertengahan abad ke-21.

Asia telah muncul sebagai kekuatan global yang signifikan di zaman modern, dengan pengaruh ekonomi, politik, dan budaya yang dirasakan di seluruh dunia. Sebagai benua terbesar di dunia, rumah bagi lebih dari 60% populasi dunia, dan dengan pertumbuhan ekonomi tercepat. Akhirnya, Asia siap memainkan peran yang semakin signifikan dalam membentuk masa depan dunia.

Salah satu cara paling signifikan di mana Asia mendefinisikan abad ke-21 adalah melalui kekuatan ekonominya. Kawasan ini telah mengalami pertumbuhan ekonomi yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam beberapa dekade terakhir, didorong oleh negara-negara seperti China, India, Jepang, dan Korea Selatan.

Dalam banyak hal, Asia telah menjadi pusat manufaktur dunia, karena negara-negara seperti China, Vietnam, Taiwan memiliki pangsa terbesar dalam hasil manufaktur global. Di sektor manufaktur, keunggulan kompetitif terbesar di Asia ada di industri semikonduktor, dengan wilayah yang mencakup 75% industri manufaktur chip dunia.

Dalam hal kekuatan militer, Asia adalah rumah bagi empat dari lima militer paling kuat di dunia, dengan tiga di antaranya adalah kekuatan nuklir. Selain itu, dua dari lima anggota tetap dewan keamanan PBB dengan hak veto juga orang Asia, memusatkan kekuatan politik yang signifikan di benua itu.

Asia juga kuat secara budaya, dan merupakan rumah bagi banyak masakan, seni, dan filosofi yang populer secara global. China dikenal dengan Konfusianisme dan Taoisme, dua filosofi kuno yang dianggap luas di dunia.

Masakan China, dengan hidangan seperti Manchuria dan Chow Mein, juga ditemukan di menu restoran di seluruh dunia. India, seperti China, juga membanggakan soft power yang signifikan di seluruh dunia melalui sinema bollywood yang populer secara global, filosofi kuno seperti Buddhisme dan masakan India.

Perusahaan-perusahaan Asia memiliki kontribusi rata-rata USD19 triliun dalam ekonomi global setiap tahun. Perusahaan-perusahaan terkemuka ini termasuk Alibaba Group Holding Limited, Toyota Motor Corporationdan Baidu, Inc. Alibaba Group Holding Limited (NYSE:BABA) menguasai lebih dari separuh pasar ritel online di China, dan merupakan salah satu pasar perdagangan online terbesar di dunia, baik grosir maupun eceran. Toyota Motor Corporation adalah pabrikan mobil Jepang dengan pangsa pasar global sebesar 11,5% di industri otomotif. Terakhir, Baidu, Inc. adalah perusahaan teknologi China, dengan pangsa 65% di pasar mesin pencari negara tersebut pada tahun 2023.

Insider Monkey mendefinisikan 'negara paling kuat di Asia pada 2023' sebagai negara yang memiliki ekonomi besar, militer yang kuat, dan pengaruh politik yang signifikan. Negara terkuat itu berdasarkan hasil rata-rata peringkat mereka di antara mereka sendiri dalam ukuran PDB, kekuatan militer, dan pengaruh politik.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1948 seconds (0.1#10.140)