Blinken: Gencatan Senjata Akan Melegitimasi Invasi Rusia

Sabtu, 03 Juni 2023 - 07:16 WIB
loading...
Blinken: Gencatan Senjata Akan Melegitimasi Invasi Rusia
Menteri Luar Negeri AS, Antony John Blinken. Foto/Reuters
A A A
HELSINKI - Menteri Luar Negeri Antony Blinken mengatakan Amerika Serikat (AS) dan sekutunya tidak boleh mendukung gencatan senjata atau pembicaraan damai untuk mengakhiri perang di Ukraina sampai Kiev memperoleh kekuatan dan dapat bernegosiasi dengan caranya sendiri.

Saat serangan balasan Ukraina yang diantisipasi tampaknya mulai terbentuk, Blinken mengatakan mengindahkan seruan dari Rusia dan lainnya, termasuk China, untuk negosiasi sekarang akan menghasilkan "perdamaian Potemkin" palsu yang tidak akan mengamankan kedaulatan Ukraina atau meningkatkan keamanan Eropa.

Ia menggunakan istilah "Potemkin" merujuk pada bagian depan desa yang dicat cerah yang menurut laporan pernah dibangun oleh menteri pemerintah Rusia Grigory Potemkin abad ke-18 untuk menciptakan ilusi kemakmuran bagi permaisuri Rusia.



“Kami percaya prasyarat untuk diplomasi yang bermakna dan perdamaian sejati adalah Ukraina yang lebih kuat, yang mampu mencegah dan bertahan melawan agresi apa pun di masa depan,” kata Blinken dalam pidatonya di Finlandia, yang baru-baru ini menjadi anggota terbaru NATO dan memiliki perbatasan yang panjang dengan Rusia.

Blinken mengulangi pandangan AS bahwa gencatan senjata yang hanya membekukan garis saat ini dan memungkinkan Presiden Rusia Vladimir Putin untuk mengkonsolidasikan kontrol atas wilayah yang telah direbutnya, dan beristirahat, mempersenjatai kembali, dan menyerang kembali — itu bukan perdamaian yang adil dan abadi.

"Mengizinkan Moskow untuk mempertahankan seperlima dari wilayah Ukraina yang didudukinya akan mengirim pesan yang salah ke Rusia dan ke calon agresor lainnya di seluruh dunia," menurut Blinken, menyiratkan bahwa gencatan senjata tidak boleh diatur sampai Ukraina mendorong mundur Rusia atau Rusia menarik pasukannya seperti dikutip dari Associated Press, Sabtu (3/6/2023).



Blinken menggambarkan invasi Rusia ke Ukraina sebagai bencana kegagalan strategis bagi Moskow yang telah memperkuat NATO, Uni Eropa, dan Ukraina. Rusia menjadi lebih terisolasi, katanya, terbelenggu ke China sebagai mitra junior dalam hubungan yang semakin dibenci Beijing, dan tidak lagi dapat menggunakan energi sebagai alat politik di negara-negara yang pernah dianggap sebagai miliknya atau satelitnya.

Blinken mengatakan Washington siap untuk mendukung upaya perdamaian oleh negara-negara lain, termasuk yang dilakukan oleh China dan Brasil, tetapi perjanjian perdamaian apa pun harus menjunjung tinggi prinsip kedaulatan, integritas wilayah, dan kemerdekaan.

Sebelumnya, China, yang menyatakan netral dan ingin bertindak sebagai mediator tetapi telah mendukung Moskow secara politik, pada Jumat kemarin mendesak negara-negara lain untuk menghentikan pengiriman senjata ke Ukraina. Amerika Serikat adalah sekutu Barat terkemuka dan pemasok senjata ke Kiev.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1328 seconds (0.1#10.140)