Paus Fransiskus Terima Pengunduran Diri Uskup yang Dituduh Memerkosa Biarawati 13 Kali

Sabtu, 03 Juni 2023 - 00:57 WIB
loading...
Paus Fransiskus Terima Pengunduran Diri Uskup yang Dituduh Memerkosa Biarawati 13 Kali
Franco Mulakkal (54), uskup India yang dituduh memerkosa seorang biarawati hingga 13 kali, mengajukan pengunduran diri kepada Vatikan. Foto/BBC
A A A
NEW DELHI - Paus Fransiskus, pemimpin Vatikan, telah menerima pengunduran diri uskup India yang dituduh memerkosa seorang biarawati 13 kali antara tahun 2014 hingga 2016.

Uskup yang mengundurkan diri itu adalah Franco Mulakkal (54). Dia merupakan uskup Jalandhar di negara bagian Punjab.

Mulakkal, yang membantah tuduhan pemerkosaan, dinyatakan tidak bersalah tahun lalu oleh pengadilan di negara bagian Kerala.

Perwakilan diplomatik Vatikan di India mengatakan bahwa banding terhadap pembebasan Mulakkal telah diterima di pengadilan tinggi di Kerala.

Pada hari Kamis, Mulakkal mengonfirmasi pengunduran dirinya dan berterima kasih kepada para pendukungnya karena telah mendukungnya di masa-masa sulit.

"Mengingat situasi yang masih memecah belah, pengunduran diri Mulakkal diminta demi kebaikan keuskupan Jalandhar dan untuk memberi jalan bagi seorang uskup baru," kata perwakilan diplomatik Vatikan dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip dari The Times of India, Jumat (2/6/2023).



Menurutnya, itu bukan tindakan disipliner terhadap Mulakkal.

Dewan Kristen Bersama, sebuah federasi organisasi Kristen, mengatakan pihaknya menyambut baik keputusan tersebut.

Biarawati yang menuduh Mulakkal melakukan pemerkosaan adalah anggota Missionaries of Jesus, sebuah kongregasi di Kerala yang merupakan bagian dari Keuskupan Jalandhar. Identitasnya dilindungi oleh aparat
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0968 seconds (0.1#10.140)