10 Negara yang Warganya Dikenal Pemabuk, Nomor 9 Minum 500 Botol Bir per Tahun

Jum'at, 02 Juni 2023 - 09:34 WIB
loading...
10 Negara yang Warganya Dikenal Pemabuk, Nomor 9 Minum 500 Botol Bir per Tahun
Warga di Eropa dikenal sebagai pemabuk paling ulung di seluruh dunia. Foto/Reuters
A A A
WASHINGTON -
Negara-negara yang memiliki jumlah pemabuk paling banyak di dunia, ternyata didominasi negara-negara di benua Eropa. Itu mungkin karena alkohol sudah menjadi bagian dari tradisi kehidupan penduduk di Eropa .

Orang-orang di Eropa mengonsumsi lebih banyak alkohol daripada di belahan dunia mana pun. Setiap tahun di Eropa, setiap orang berusia 15 tahun ke atas mengonsumsi rata-rata 9,5 liter alkohol murni. Itu setara dengan sekitar 190 liter bir, 80 liter anggur, atau 24 liter minuman keras.

Total konsumsi alkohol per kapita menurun sebesar 2,5 liter (21%) antara 2000 dan 2019 di Eropa WHO. Itu termasuk 53 negara negara termasuk Rusia dan bekas negara Soviet seperti Moldova.

Pada 2019, 8,4% populasi orang dewasa UE (di atas 15 tahun) mengonsumsi alkohol setiap hari, 28,8% setiap minggu, dan 22,8% setiap bulan. Menariknya, 26,2% mengatakan bahwa mereka tidak pernah mengonsumsi minuman beralkohol atau tidak pernah mengkonsumsinya dalam 12 bulan terakhir.

Berikut adalah 10 negara Eropa dengan yang dikenal warganya sebagai pemabuk dengan jumlah alkohol per kapita tertinggi.

1.Ceko (14,3 liter)

10 Negara yang Warganya Dikenal Pemabuk, Nomor 9 Minum 500 Botol Bir per Tahun

Foto/Reuters

Republik Ceko adalah salah satu negara dengan konsumsi alkohol rata-rata tertinggi per kapita. Rata-rata, Republik Ceko mengonsumsi 10 liter alkohol per orang per tahun. Pesta minuman keras di Ceko juga termasuk yang tertinggi di dunia.

Menurut laporan Prague Morning, sekitar 900.000 orang, yang hampir sepersepuluh orang dewasa di Republik Ceko, mengkonsumsi alkohol setiap hari. Dan faktanya, sekitar 1,5 juta orang terlibat dalam pola minum yang berbahaya.

Meskipun terjadi penurunan konsumsi alkohol lebih dari 8% selama enam tahun terakhir, Republik Ceko tetap memegang posisi pertama sebagai konsumen alkohol terbesar.

Padahal, pada September 2022, Pemerintah Ceko memberlakukan larangan ekspor minuman keras ke Uni Eropa, menyusul kematian 23 orang akibat keracunan alkohol.

Sebuah studi menemukan Republik Ceko memiliki salah satu catatan terburuk di Eropa untuk minum di bawah umur, dengan lebih dari 40% dari anak usia 15 tahun mengakui bahwa mereka minum alkohol secara teratur.

Orang Ceko secara rutin digolongkan sebagai salah satu konsumen bir terbesar di Eropa, meskipun tingkat konsumsi agak menurun. Sebuah laporan oleh Czech Beer and Malt Association bulan lalu mengatakan bahwa konsumsi bir per kapita telah turun untuk tahun kedua berturut-turut menjadi (hanya) 129 liter, tingkat terendah kelima sejak pencatatan dimulai pada tahun 1950.

2. Latvia (13,2 liter)

Di Latvia biaya untuk konsumsi alkohol lebih tinggi dari rata-rata UE. Orang Latvia menghabiskan 951 juta euro untuk minuman keras pada 2021. Itu setara dengan 2,8% dari pendapatan domestik bruto (PDB). Itu mewakili 5,0% dari total pengeluaran konsumsi, membuatnya secara proporsional menjadi negara di mana rumah tangga menghabiskan lebih banyak untuk alkohol daripada di tempat lain di UE.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1558 seconds (0.1#10.140)