Betapa Bangkrutnya Pakistan Tak Punya Uang untuk Haji

Kamis, 01 Juni 2023 - 14:26 WIB
loading...
A A A
Setiap tahun, negara mengadakan undian untuk membagikan kursi haji. Tapi tahun ini, ini ditangguhkan karena diperkirakan kekurangan aplikasi.

Berapa Biaya Haji?


Tahun ini, biaya haji Rs1,2 juta dalam Rupee Pakistan ($4300) untuk satu jamaah. Tahun lalu, biayanya sekitar Rs710.000 setelah subsidi. Biaya telah meningkat sekitar 75 persen tahun ini.

Peningkatan yang signifikan terjadi karena devaluasi rupee Pakistan.

Maskapai penerbangan nasional Pakistan, Pakistan International Airline, telah mengumumkan tarif untuk haji pribadi, berkisar antara USD870 hingga USD1.180 per jamaah dari wilayah selatan. Harga tiket pesawat untuk jamaah di wilayah utara akan menelan biaya antara USD910 hingga USD1.220.

Ibadah haji akan dimulai pada 26 Juni tahun ini.

Apakah Pemerintah Pakistan Memberi Subsidi Haji?


Sementara pemerintah "bangkrut", subsidi bagi jamaah haji sedang dipertimbangkan.

Pekan lalu, Menteri Federal Pakistan untuk Urusan Agama Talha Mahmood memperingatkan para jamaah bahwa mereka dapat menghadapi “masalah” selama ibadah ketika dia berbicara tentang kemungkinan subsidi.

“Saya berharap dapat memberikan subsidi kepada calon haji, namun kami menghadapi sejumlah kesulitan saat ini,” katanya kepada saluran televisi swasta yang dilansir Express Tribune.

“Kali ini tidak ada subsidi, tetapi jika kami mampu menurunkan biaya maka kami dapat mengembalikan uang sebesar itu kepada para jamaah,” jelasnya.

Tahun lalu juga, jamaah haji menghadapi kesulitan keuangan karena pemerintah gagal memberikan subsidi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1615 seconds (0.1#10.140)