Intel Korsel: Kim Jong-un Sehat Meski Berat Badan Turun

Kamis, 01 Juni 2023 - 04:21 WIB
loading...
Intel Korsel: Kim Jong-un Sehat Meski Berat Badan Turun
Pemimpin Korut Kim Jong-un dalam kondisi sehat meski berat badan turun. Foto/Military Times
A A A
SEOUL - Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un tampaknya telah kehilangan 44 pound atau hampir 20 kilogram dalam dua tahun terakhir. Hal itu diungkapkan anggota parlemen Korea Selatan (Korsel) yang diberi pengarahan oleh badan intelijen negara itu dalam pertemuan tertutup.

Penurunan berat badan yang sangat besar telah memicu desas-desus dan konspirasi bahwa Korut menggunakan kembaran Kim Jong-un, yang menurut Korsel tidak benar.

"Badan Intelijen Nasional Korea Selatan melakukan penilaian berdasarkan berbagai metode ilmiah termasuk kecerdasan buatan menggunakan analisis video resolusi super dan model analisis stereometri yang mengukur lemak dan berat wajah," kata Kim Byung-kee dari Partai Demokrat yang berkuasa kepada wartawan seperti dikutip dari ABC News, Kamis (1/6/2023).



Menurut intelijen Korsel, masalah kesehatan Kim Jong-un yang sering dilaporkan tidak menimbulkan masalah serius. Analisis tersebut juga menyimpulkan bahwa teori konspirasi yang menyatakan bahwa Korut mungkin telah memberdayakan orang yang mirip dengan Kim Jong-un tidak dapat dipercaya.

Perubahan yang paling mencolok adalah hilangnya potret resmi ayah dan kakeknya, mantan pemimpin Kim Jong Il dan Kim Il Sung, dari tembok utama pertemuan resmi. Sebaliknya, rezim komunis itu secara religius menggantungkan kedua potret itu di semua area publik dan rumah individu.

"Kim tampaknya sedang berupaya membangun citra ramah-manusia dengan merilis foto dirinya sedang minum bir dan merokok bersama dengan pejabat tingkat tinggi," kata Byung-Kee.

Kim lebih aktif dalam tampil ke publik pada tahun ini dibandingkan tahun sebelumnya. Sejauh ini, dia telah terlihat melalui media pemerintah Korut selama total 70 hari pada tahun 2021. Sebaliknya, dia muncul 49 kali dalam waktu yang sama pada tahun 2020.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2175 seconds (0.1#10.140)