Kecam Israel Saat Pidato Wisuda, Wanita Yaman Dituding Anti-Semit

Rabu, 31 Mei 2023 - 02:54 WIB
loading...
Kecam Israel Saat Pidato Wisuda, Wanita Yaman Dituding Anti-Semit
Fatima Mousa Mohammed memicu kontroversi setelah pidatonya saat upacara kelulusan mengecam kekerasan yang dilakukan Israel. Foto/Al Arabiya
A A A
WASHINGTON - Seorang wanita asal Yaman berhasil menyita perhatian setelah secara lantang mengecam kekerasan Israel di Palestina dalam pidato kelulusannya dari sebuah universitas di Amerika Serikat (AS). Sontak pidatonya mendapat respons keras dari sejumlah legislator AS.

Fatima Mousa Mohammed, yang lulus dari City University New York, berpidato tentang melindungi komunitas menghadapi sistem penindasan yang diciptakan untuk memberi makan sebuah kerajaan dengan nafsu rakus akan kehancuran dan kekerasan.

Dia mendesak hadirin, keluarga mereka, dan fakultas untuk menggunakan pidatonya sebagai bahan bakar untuk perang melawan kapitalisme, rasisme, dan Zionisme di seluruh dunia.

“Israel terus menghujani para jemaah dengan peluru dan bom tanpa pandang bulu, membunuh yang tua dan muda, menyerang pemakaman dan kuburan karena mendorong massa lynch untuk menargetkan rumah dan bisnis Palestina; karena memenjarakan anak-anaknya, dan melanjutkan proyek kolonialisme pemukim yang mengusir warga Palestina dari rumah mereka,” ujarnya seperti dikutip dari Al Arabiya, Rabu (31/5/2023).

Ia juga menyatakan bangga dengan posisi CUNY sebagai salah satu dari sedikit institusi yang dibuat untuk mengakui bahwa hukum adalah manifestasi dari supremasi kulit putih yang terus menindas dan menindas di seluruh dunia, sambil menyebut Departemen Kepolisian Kota New York (NYPD) "fasis" dan mengecam militer AS yang terus melatih tentara Israel untuk melakukan kekerasan yang sama secara global.

Namun, tambahnya, sekolah terkadang gagal dalam komitmennya dengan mendukung lembaga-lembaga tersebut.



“Saya melihat di hadapan saya praktisi masa depan yang akan mengerjakan kontrak untuk mengakhiri kemitraan dengan ICE dan bukan kontrak kekayaan intelektual untuk mengamankan desain teknologi drone terbaru yang membunuh anak-anak; Saya melihat pengacara masa depan yang akan membela penyewa di pengadilan dan bukan mereka yang mengusir komunitas kita dari rumah mereka; Saya melihat pengacara masa depan yang akan melindungi masyarakat yang diteror oleh negara pengawas dan tidak melindungi agen penindas yang melakukan teror itu; pengacara masa depan yang akan berjuang untuk menjaga keluarga tetap bersama, dan tidak memisahkan mereka. Saya melihat pengacara masa depan yang akan bekerja untuk membuat dunia ini menjadi tempat yang lebih baik,” seru Fatima kepada rekan-rekan wisudanya.

Mendekati kesimpulan, ia berkata: “Mari kita ingat bahwa baru minggu ini, Gaza dibom dengan disaksikan dunia; bahwa pria kulit coklat dan hitam setiap hari dibunuh oleh negara di Rikers; bahwa ada tahanan politik Palestina seperti HLF di penjara AS; bahwa ada pengungsi di perbatasan selatan yang masih terkurung; bahwa kemarin menandai satu tahun sejak pembunuhan jurnalis AS Shireen Abu Akleh; dan bahwa pembunuhan orang kulit hitam seperti Jordan Neely oleh orang kulit putih di MTA dihargai oleh politisi, seperti Eric Adams dan Senator Chuck Schumer.”

Pernyataan Fatima disambut dengan sorakan keras dari penonton.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2010 seconds (0.1#10.140)