Regulator Dunia Maya China Hapus 1,4 Juta Postingan di Media Sosial

Minggu, 28 Mei 2023 - 17:30 WIB
loading...
Regulator Dunia Maya China Hapus 1,4 Juta Postingan di Media Sosial
Regulator Dunia Maya China Hapus 1,4 Juta Postingan di Media Sosial. FOTO/Reuters
A A A
BEIJING - Regulator dunia maya China mengatakan, sekitar 1,4 juta postingan media sosial telah dihapus. Tindakan ini diambil setelah penyelidikan dua bulan atas dugaan kesalahan informasi, pencatutan ilegal, dan peniruan identitas pejabat negara.

Seperti dilaporkan Reuters, Cyberspace Administration of China (CAC) mengatakan dalam sebuah pernyataan pada Jumat (26/5/2023), bahwa pihaknya telah menutup 67.000 akun media sosial dan menghapus ratusan ribu postingan antara 10 Maret dan 22 Mei sebagai bagian dari kampanye "perbaikan" yang lebih luas.



Sejak 2021, China telah menargetkan miliaran akun media sosial dalam upaya untuk "membersihkan" dunia mayanya dan mempermudah kontrol pihak berwenang.

Tindakan keras terbaru menargetkan akun pada aplikasi media sosial China populer, termasuk WeChat, Douyin, dan Weibo. Ketiganya termasuk dalam kategori "self media," sebuah istilah yang secara luas mengacu pada akun yang menerbitkan berita dan informasi tetapi tidak dikelola pemerintah atau negara- disetujui.

Beijing sering menangkap warga dan menyensor akun karena menerbitkan atau membagikan informasi faktual yang dianggap sensitif atau kritis terhadap Partai Komunis, pemerintah atau militer, terutama ketika informasi tersebut menjadi viral.

“Dari 67.000 akun yang ditutup secara permanen, hampir 8.000 dihapus karena menyebarkan berita palsu, rumor, dan informasi berbahaya," menurut pernyataan CAC.



Sekitar 930.000 akun lainnya menerima hukuman yang tidak terlalu berat, mulai dari penghapusan semua pengikut hingga penangguhan atau pembatalan hak istimewa untuk menghasilkan keuntungan.

Dalam kampanye terpisah, regulator baru-baru ini menutup lebih dari 100.000 akun yang diduga salah merepresentasikan pembawa berita dan agensi media untuk melawan munculnya liputan berita palsu online yang dibantu oleh teknologi AI.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1903 seconds (0.1#10.140)