Jenderal Top AS kepada Ukraina: Jet F-16 Bukan Senjata Ajaib untuk Menang Perang

Jum'at, 26 Mei 2023 - 10:17 WIB
loading...
A A A
Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin pada hari Kamis mengatakan AS akan segera bekerja sama dengan Denmark dan Belanda untuk mengembangkan kerangka pelatihan bagi pilot tempur Ukraina.

Menurutnya, Norwegia, Belgia, Portugal, dan Polandia juga telah menawarkan untuk membantu melatih pilot setelah kerangka kerja tersebut selesai.

“Mulai mengerjakan F-16 sekarang adalah contoh penting dari komitmen jangka panjang kami untuk keamanan Ukraina,” kata Austin.

Namun, Milley memperingatkan bahwa menambahkan pesawat ke gudang senjata Ukraina tidak akan langsung menyelesaikan perang selama 15 bulan.

“Tidak ada senjata ajaib dalam perang. Dan terkadang hal-hal tertentu diberi label seperti yang Anda tahu, ini akan menjadi senjata ajaibnya,” kata Milley.

“Tidak ada senjata ajaib, dan F-16 tidak—tidak ada yang lain," imbuh sang jenderal.

Berharap melihat F-16 di atas langit Ukraina tidak akan segera terwujud dalam waktu dekat. Milley mengatakan bahwa pelatihan pilot di platform lebih tentang menawarkan Ukraina kemampuan masa depan yang lebih selaras dengan sistem Barat.

“Ini adalah analisis militer garis keras yang melihat biaya, manfaat, dan risiko, dan apa kebutuhan di medan perang sekarang dan dalam waktu dekat?” katanya. “F-16 adalah tampilan yang jauh lebih panjang.”

AS belum berkomitmen untuk langsung mengirim F-16 ke Ukraina, tetapi sekutu NATO lainnya, seperti Belgia, Denmark, Belanda, dan Norwegia juga memiliki pesawat dalam inventaris mereka dan mungkin menawarkannya ke Ukraina.
(mas)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2143 seconds (0.1#10.140)