Merasa Tak Nyaman, Eks Tentara Israel Kembalikan Kunci Masjid Al-Aqsa yang Dicuri 56 Tahun Silam

Senin, 22 Mei 2023 - 09:25 WIB
loading...
Merasa Tak Nyaman, Eks Tentara Israel Kembalikan Kunci Masjid Al-Aqsa yang Dicuri 56 Tahun Silam
Yair Barack (kanan), mantan tentara Israel, mengembalikan kunci gerbang Masjid Al-Aqsa yang dicurinya 56 tahun silam. Foto/Screenshot Middle East Eye
A A A
YERUSALEM - Seorang mantan tentara Israel menyerahkan kembali kunci gerbang Masjid Al-Aqsa di Yerusalem Timur setelah mencurinya 56 tahun silam.

Departemen Wakaf Islam di Yerusalem merilis sebuah video yang menunjukkan direktur jenderalnya Sheikh Azzam Al-Khatib menerima kunci dari mantan tentara Israel yang diidentifikasi sebagai Yair Barack.

Pengembalian kunci itu berlangsung hari Kamis pekan lalu.

Dalam video tersebut, Barack mengatakan dia adalah bagian dari batalion Israel yang bertempur di front Yerusalem Timur, menambahkan bahwa banyak rekannya tewas selama pertempuran pada tahun 1967.



“Saya tiba di Gerbang Al-Mughrabi (di koridor barat Masjid Al-Aqsa)...dan ketika saya melihat ke sisi kiri, saya menemukan sebuah kunci. Saya tidak tahu mengapa saya meletakkan tangan saya di atasnya dan mengambilnya," katanya dalam video tersebut, seperti dikutip dari Anadolu Agency, Senin (22/5/2023).

"Saya meletakkan kunci di saku saya, dan sejak itu, saya memilikinya," ujarnya.

Barack berkata bahwa setelah 40 atau 50 tahun, dia mulai merasa tidak nyaman karena kunci itu masih bersamanya. "Hanya karena saya mencurinya dan sekarang saya memutuskan untuk mengembalikannya," ujarnya.

"Sekarang saya di sini. Saya mengembalikan kunci yang telah saya curi. Saya mengembalikannya kembali ke pemiliknya...dan inilah yang harus dilakukan Israel—untuk mengembalikan tanah, hak, rasa hormat, kemerdekaan, kebebasan dan keamanan mereka kepada orang-orang Palestina," paparnya.

Dia mengatakan bahwa setelah mengembalikan kunci, dia merasa telah melakukan hal yang benar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1809 seconds (0.1#10.140)