Citra Satelit Tangkap Drone Supersonik WZ-8 di Pangkalan China

Minggu, 21 Mei 2023 - 08:54 WIB
loading...
Citra Satelit Tangkap Drone Supersonik WZ-8 di Pangkalan China
Drone supersonik China, WZ-8. Foto/Military Watch Magazine
A A A
MELBOURNE - Sebuah citra satelit yang diperoleh Defense News menunjukkan apa yang tampak seperti drone pengintai supersonik WZ-8 yang diparkir di luar salah satu dari dua hanggar yang baru dibangun di Pangkalan Udara Lu'an China .

China terus mengubah pangkalan pembom yang diidentifikasi dalam dokumen Amerika Serikat (AS) yang baru-baru ini bocor sebagai tempat pesawat pengintai supersonik barunya.

Citra satelit, yang diberikan kepada Defense News oleh Planet Labs, menunjukkan Pangkalan Udara Lu'an di provinsi Anhui China. Pangkalan yang sebelumnya kosong itu sedang menjalani peningkatan, dengan konstruksi dimulai antara April 2018 dan awal 2019. Perbaikan meliputi pelapisan ulang landasan pacu sepanjang 3.200 meter, pelebaran jalur taksi, dan pembangunan 20 tempat perlindungan pesawat berukuran pembom dan dua hanggar untuk menggantikan tempat parkir pesawat yang terbuka.

Citra Satelit Tangkap Drone Supersonik WZ-8 di Pangkalan China

Foto: Defense News

Menurut Decker Eveleth, seorang mahasiswa di Middlebury Institute of International Studies di Monterey yang mengulas foto satelit yang diberikan kepada Defense News, China juga membangun fasilitas pemeriksaan amunisi di pangkalan. Eveleth menjelaskan bahwa fasilitas pemeriksaan semacam itu digunakan untuk memeriksa amunisi sebelum dimuat ke pesawat untuk digunakan.

"Bangunan-bangunan ini biasanya ditemukan di pangkalan untuk pembom dan rudal yang diluncurkan dari darat dan cenderung menjadi bangunan panjang dan tinggi dengan pintu di kedua ujungnya, dengan rudal biasanya dipasang di rel untuk diperiksa di berbagai stasiun untuk memeriksa berbagai komponen," jelasnya seperti dikutip dari Defense News, Minggu (21/5/2023).



Menurut Andreas Rupprecht, yang telah menulis beberapa buku tentang penerbangan militer China dan industrinya, Pangkalan Udara Lu'an adalah rumah bagi Resimen Udara ke-29 dari Divisi Pengebom ke-10 Angkatan Udara Tentara Pembebasan Rakyat (PLA).

Dia mengatakan kepada Defense News bahwa unit tersebut saat ini menerbangkan pembom Xi'an H-6K dan H-6M. Yang terakhir disebut adalah platform peluncuran utama WZ-8, membawa drone supersonik pada hardpoint di bagian bawah badan pesawat dan melepaskannya dari ketinggian.

WZ-8 juga terlihat pada foto satelit yang diambil pada Desember 2022, sementara yang lain dari awal April 2023 menunjukkan kemajuan berkelanjutan dalam pelebaran taxiways pesawat yang mengarah ke fasilitas pesawat bawah tanah di selatan landasan pacu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1179 seconds (0.1#10.140)