Washington Dorong Normalisasi Arab Saudi-Israel Sebelum Pilpres AS

Jum'at, 19 Mei 2023 - 05:29 WIB
loading...
Washington Dorong Normalisasi Arab Saudi-Israel Sebelum Pilpres AS
Washington dorong normalisasi Arab Saudi-Israel sebelum pilpres AS. Foto/Ilustrasi
A A A
WASHINGTON - Pemerintahan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden sedang merencanakan dorongan untuk normalisasi antara Arab Saudi dan Israel sebelum akhir tahun 2023. Hal itu diungkapkan pejabat AS kepada Axios.

Gedung Putih berharap untuk melakukan upaya diplomatik sebelum Presiden Joe Biden mengalihkan fokusnya pada kampanye pemilihan ulang 2024, menurut laporan yang diterbitkan pada hari Rabu.

Menurut pejabat yang tidak disebutkan namanya, Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman (MbS) mengatakan kepada penasihat keamanan nasional AS Jake Sullivan pekan lalu di Riyadh bahwa harga normalisasi akan menjadi paket besar dari pengiriman AS, termasuk kerja sama militer, sebagai lawan dari konsesi tambahan dari Washington.

Paket itu kemungkinan akan mencakup penjualan senjata yang ditangguhkan oleh pemerintahan Biden karena perang Arab Saudi di Yaman dan bahkan dapat diperluas untuk mendukung program nuklir Arab Saudi.

Dalam kasus Washington, para pejabat dilaporkan telah menekankan kepada MbS bahwa kesepakatan normalisasi di bawah masa jabatan Biden akan menerima dukungan bi-partisan di Kongres dari Demokrat dan Republik.

Sementara banyak politisi Demokrat tetap kritis terhadap MbS atas pembunuhan Khashoggi 2018, diyakini mereka akan lebih setuju untuk melakukan pemanasan ke Riyadh di bawah presiden dari partai mereka sendiri.



Pejabat AS yang dikutip oleh Axios, serta seorang pejabat Israel yang tidak disebutkan namanya, menunjukkan kesepakatan mereka bahwa kesepakatan akan memiliki peluang terbaik di Washington di bawah pemerintahan saat ini.

Senator Republik Lindsey Graham mengungkapkan sentimen serupa selama kunjungan baru-baru ini ke Yerusalem, yang dilakukan beberapa hari setelah pertemuan dengan MbS.

"Saya memberi tahu putra mahkota bahwa waktu terbaik untuk meningkatkan hubungan kita adalah sekarang, bahwa Presiden Biden sangat tertarik untuk menormalisasi hubungan dengan Arab Saudi dan, pada gilirannya, Arab Saudi mengakui (Israel)," kata Graham dalam sebuah pernyataan, menambahkan bahwa Partai Republik akan "senang" bekerja dengan Biden untuk mengembalikan hubungan AS-Saudi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1005 seconds (0.1#10.140)