4 Suku dengan Populasi Terbanyak di Thailand, Rata-rata asal China

Kamis, 18 Mei 2023 - 14:40 WIB
loading...
4 Suku dengan Populasi Terbanyak di Thailand, Rata-rata asal China
Ada empat suku dengan populasi terbanyak di Thailand, salah satunya Suku Thailand Asli atau dikenal sebagai orang Siam. Foto/Thomson Reuters Foundation/Rina Chandran
A A A
JAKARTA - Seperti halnya Indonesia, Thailand juga ternyata memiliki keanekaragaman suku dan bahasa. Dengan demikian, negara itu memiliki banyak budaya yang dibentuk dari berbagai pengaruh.

Bahasa Thailand sendiri merupakan hasil dari campuran beberapa bahasa seperti Pali, Sanskerta, China, dan Khmer Kuno. Dalam penerapannya, keempat bahasa tersebut digunakan dalam konteks yang berbeda.

Adanya keanekaragaman bahasa tersebut dipengaruhi oleh banyaknya suku yang ada di negara itu. Meski memiliki memengaruhi budaya di sana, ternyata suku-suku di Thailand memiliki jumlah yang berbeda.



4 Suku Thailand dengan Populasi Terbanyak

1. Suku Thailand Asli


Orang Thailand atau yang dikenal dengan sebagai orang siam merupakan kelompok atau suku terbesar yang ada di negara tersebut. Mereka telah tersebar di beberapa wilayah seperti Thailand tengah, selatan, dan utara, serta Isaan.

Para peneliti telah menunjukan jika suku yang satu ini ternyata berasal dari Provinsi Guangxi di China yang bermigrasi melalui jalur selatan karena adanya tekanan politik di negaranya. Kemudian mereka menetap di lembah Chao Phraya dan bertemu kekaisaran Khmer.

Suku tersebut kemudian disambut dengan hangat oleh kerajaan yang sangat kuat yakni Sukhothai dan Ayutthaya. Mereka pun hidup dan diberikan kemakmuran sejak masa awal kerajaan itu terbentuk.

Saat ini, terdapat lebih dari 60 juta orang dari suku ini yang hidup di Thailand, mewakili 91,5% dari total populasi. Selain di negara ini, orang Thailand ini juga banyak ditemukan di AS, Asia Tenggara, Eropa, dan Uni Emirat Arab.

2. Khmer


Khmer merupakan penduduk asli dari negara Kamboja dan termasuk dalam Keluarga Bahasa Austroasiatik yang lebih besar. Di Thailand suku ini berjumlah kisaran lebih dari satu juta atau sekitar 2,3% dari total populasi.

Khmer termasuk suku tertua yang ada di Asia Tenggara yang tiba di wilayah Thailand. Suku ini sekarang hidup tersebar di beberapa wilayah diantaranya seperti di provinsi Surin, Buriram, dan Sisaket.


3. Suku Melayu


Suku Melayu termasuk kelompok dari masyarakat Austronesia, mereka saat ini juga terdapat di wilayah selatan Thailand. Orang melayu datang di negara Thailand melalui kegiatan perdagangan hingga terjadinya praktik budaya yang kuat di sana.

Jumlah total populasi Suku Melayu di Thailand kini telah berjumlah sekitar 2,1% dari jumlah total populasi di sana. Sebagian besar di antaranya saat ini masyarakat dari Suku Melayu diketahui telah menjadi Muslim Sunni.

4. Suku Burma atau Bamar


Suku Burma merupakan suku yang berasal dari perbukitan Tibet di China Barat. Selain di Myanmar, saat ini mereka juga memiliki populasi yang cukup banyak di negara Thailand.

Dikutip dari laman Worldatlas, Kamis (18/5/2023), jumlah populasi dari Suku Burma saat ini telah mencapai 1,5% dari total penduduk yang ada di Thailand. Sebagian besar mereka hidup di wilayah pegunungan sebagai petani dan peternak sapi dan kerbau.
(mas)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0946 seconds (0.1#10.140)