Kapal Induk Inggris dan Kelompok Tempurnya Akan Kembali ke Indo-Pasifik pada 2025

Kamis, 18 Mei 2023 - 13:44 WIB
loading...
Kapal Induk Inggris dan Kelompok Tempurnya Akan Kembali ke Indo-Pasifik pada 2025
Kelompok Tempur Kapal Induk Angkatan Laut Kerajaan Inggris akan kembali ke Indo-Pasifik pada 2025. Foto/REUTERS
A A A
LONDON - Kelompok Tempur Kapal Induk Angkatan Laut Kerajaan Inggris akan kembali ke Indo-Pasifik pada tahun 2025, empat tahun setelah pertama kalinya mereka berlayar di wilayah tersebut.

"Inggris akan mengonfirmasi hari ini [18 Mei] bahwa Carrier Strike Group akan kembali ke Indo-Pasifik pada tahun 2025, setelah pelayaran perdananya ke wilayah tersebut pada tahun 2021," kata pemerintah Inggris dalam sebuah pernyataan di situs webnya.

Pengumuman itu muncul ketika Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak dan Perdana Menter Jepang Fumio Kishida, selama pertemuan di Hiroshima pada hari Kamis, dijadwalkan menandatangani kemitraan strategis global baru yang disebut Kesepakatan Hiroshima.



Kesepakatan Hiroshima mencakup perjanjian baru dalam pertahanan, perdagangan, investasi, sains, teknologi, penanganan masalah global dan perubahan iklim.

Berdasarkan kesepakatan itu, Sunak juga diharapkan menyepakati Kemitraan Siber baru dengan Tokyo.

Sunak, lanjut pernyataan pemerintah Inggris, selama kunjungannya ke pangkalan Angkatan Laut di Tokyo pada hari Kamis, akan mengumumkan penggandaan jumlah pasukan Inggris menjadi sekitar 170 anggota layanan dalam latihan militer bersama "Vigilant Isles" keempat Inggris-Jepang yang akan datang.

Pada Mei 2021, Kelompok Tempur Kapal Induk Inggris yang dipimpin oleh Kapal Induk HMS Queen Elizabeth melakukan pelayaran selama 28 minggu. Selama pelayaran itulah, kelompok tempur tersebut pertama kalinya berlabuh di pelabuhan India, Jepang, Korea Selatan, dan Singapura.

Selama pelayaran, kelompok tempur tersebut juga berpartisipasi dalam latihan militer gabungan dengan angkatan bersenjata Jepang, Amerika Serikat, Korea Selatan, dan India.

Pada Juli 2021, Kapal Induk HMS Queen Elizabeth berlayar melintasi Laut China Selatan.
(mas)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1106 seconds (0.1#10.140)