Jenderal Intelijen Ukraina Akui Agennya Bunuh Banyak Tokoh Rusia

Kamis, 18 Mei 2023 - 08:55 WIB
loading...
Jenderal Intelijen Ukraina Akui Agennya Bunuh Banyak Tokoh Rusia
Kepala intelijen militer Ukraina Jenderal Kyrylo Budanov mengaku bertanggung jawab atas pembunuhan banyak tokoh masyarakat Rusia. Foto/REUTERS
A A A
KIEV - Kepala intelijen militer Ukraina (GUR) Jenderal Kyrylo Budanov telah mengaku bertanggung jawab atas pembunuhan banyak tokoh masyarakat Rusia .

Bos mata-mata membuat pengakuan mengejutkan tentang peran agen-agen GUR dalam pembunuhan itu ketika diwawancarai blogger Ukraina Sergey Ivanov, Selasa lalu.

Ditanya apakah tokoh media Rusia terkenal seperti jurnalis terkemuka Vladimir Solovyov atau pemimpin redaksi RT Margarita Simonyan, adalah target utama organisasinya, Budanov menjawab bahwa GUR telah mendapatkan beberapa target profil tinggi.

“Kami sudah mendapatkan banyak, termasuk tokoh publik dan media,” kata Budanov, tanpa menyebutkan nama.



Ditekan lebih lanjut oleh sang blogger tentang kemungkinan keterlibatan GUR dalam pembunuhan jurnalis Darya Dugina, putri filsuf Rusia Aleksandr Dugin, atau serangan bom mobil baru-baru ini terhadap penulis dan aktivis politik Zakhar Prilepin, bos mata-mata itu mengatakan dia “tidak bisa mengonfirmasi atau menyangkal” keterlibatan pelayanannya.

Pernyataan Budanov dikecam keras oleh Moskow, di mana juru bicara Kementerian Luar Negeri Maria Zakharova menyatakan bahwa itu adalah pengakuan yang jelas atas kesalahan.

“Teroris. Mereka yang memberikan alasan untuk rezim Kiev dan mensponsorinya adalah kaki tangan teroris,” tulis Zakharova di Telegram.

“Apakah PBB tidak akan memperhatikannya lagi?” lanjut Zakharova, seperti dikutip RT, Kamis (18/5/2023).

Pernyataan tersebut adalah yang terbaru dari serangkaian pernyataan berani yang dibuat oleh bos GUR di tengah konflik yang sedang berlangsung antara Moskow dan Kiev.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1146 seconds (0.1#10.140)