Rudal Kinzhal Ditembak Jatuh, Ilmuwan Rusia Hadapi Tuntutan Pengkhianatan

Kamis, 18 Mei 2023 - 00:54 WIB
loading...
Rudal Kinzhal Ditembak Jatuh, Ilmuwan Rusia Hadapi Tuntutan Pengkhianatan
Ilmuwan Rusia dilaporkan hadapi tuntutan pengkhianatan beberapa hari setelah Ukraina mengklaim berhasil menembak jatuh 6 rudal Kinzhal. Foto/Ilustrasi
A A A
MOSKOW - Tiga ilmuawan yang mengerjakan teknologi rudal hipersonik Rusia menghadapi tuduhan pengkhianatan yang sangat serius.Kabar ini munculsetelah Ukraina mengklaim berhasil menembak jatuh enam rudal hipersonik Kinzhal .

Anatoly Maslov, Alexander Shiplyuk, dan Valery Zvegintsev telah mengerjakan senjata tersebut selama bertahun-tahun, menerbitkan sebuah bab buku berjudul "Fasilitas Jangka Pendek Hipersonik untuk Penelitian Aerodinamika di ITAM, Rusia" pada tahun 2016.

Tidak diketahui apa yang telah dilakukan oleh ketiganya.

Dalam sebuah surat, rekan dari ketiganya memprotes dan menyebut mereka tidak bersalah serta mengatakan penuntutan akan menimbulkan kerusakan besar pada sains Rusia.

"Kami mengenal mereka masing-masing sebagai seorang patriot dan orang yang baik yang tidak mampu melakukan apa yang dicurigai oleh otoritas investigasi," kata mereka seperti dilansir dari Sky News, Kamis (18/5/2023).



Surat terbuka dari rekan-rekan mereka di ITAM - Institut Mekanika Teoretis dan Terapan Khristianovich di Novosibirsk - mengatakan materi yang telah disajikan para ilmuwan di forum internasional telah diperiksa berulang kali untuk memastikan mereka tidak memasukkan informasi yang dilarang.

"Kasus-kasus tersebut menunjukkan bahwa artikel atau laporan apa pun dapat mengarah pada tuduhan pengkhianatan tingkat tinggi," bunyi surat terbuka itu.

"Dalam situasi ini, kami tidak hanya mengkhawatirkan nasib rekan-rekan kami. Kami hanya tidak mengerti bagaimana melanjutkan pekerjaan kami," sambung isi surat itu seperti dikutip dari Reuters.

Surat itu juga mengutip kasus Dmitry Kolker, ilmuwan Siberia lainnya yang ditangkap tahun lalu karena dicurigai melakukan pengkhianatan negara dan diterbangkan ke Moskow meski menderita kanker pankreas stadium lanjut. Kolker, seorang spesialis laser, meninggal dua hari kemudian.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1315 seconds (0.1#10.140)