Lagi, Singapura Gantung Warga Negaranya yang Berdagang Ganja

Rabu, 17 Mei 2023 - 15:15 WIB
loading...
Lagi, Singapura Gantung Warga Negaranya yang Berdagang Ganja
Ilustrasi
A A A
SINGAPURA - Singapura pada Rabu (17/5/2023), kembali melakukan eksekusi gantung pada warga negaranya yang terbukti memperdagangkan ganja . Ini merupakan eksekusi mati yang kedua dalam tiga minggu terakhir.

“Pria berusia 37 tahun itu dieksekusi setelah upaya terakhirnya untuk membuka kembali kasusnya ditolak oleh pengadilan tanpa sidang,” kata aktivis HAM, Kokila Annamalai dari Transformative Justice Collective, yang mengadvokasi penghapusan hukuman mati di Singapura.



“Pria, yang tidak disebutkan namanya karena keluarganya telah meminta privasi, telah dipenjara selama tujuh tahun dan dihukum pada 2019 karena memperdagangkan sekitar 1,5 kilogram ganja,” lanjut Annamalai, seperti dikutip dari AP.

Permohonan terdakwa untuk membuka kembali kasusnya didasarkan pada bukti DNA dan sidik jari yang mengikatnya ke jumlah yang jauh lebih kecil, yang dia akui memilikinya. Tetapi, pengadilan menolaknya. Di bawah undang-undang Singapura, memperdagangkan lebih dari 500 gram ganja dapat mengakibatkan hukuman mati.

“Jika kita tidak bersatu untuk menghentikannya, kami khawatir pembunuhan besar-besaran ini akan berlanjut dalam beberapa minggu dan bulan mendatang,” kata Annamalai.



“Sekitar 600 tahanan berada di hukuman mati di negara kota itu, sebagian besar karena pelanggaran terkait narkoba,” lanjutnya.

Tahun lalu, Singapura mengeksekusi 11 orang karena pelanggaran narkoba, setelah absen dua tahun karena pandemi COVID-19. Hukuman gantung terhadap seorang warga Malaysia yang diyakini cacat mental memicu protes internasional dan membawa hukuman mati negara itu di bawah pengawasan karena melanggar norma-norma hak asasi manusia.

Tiga minggu lalu, Tangaraju Suppiah Singapura, 46, digantung dalam eksekusi pertama tahun ini karena menyelundupkan 1 kilogram ganja meskipun dia tidak tertangkap dengan narkoba. Jaksa mengatakan nomor telepon melacaknya sebagai orang yang bertanggung jawab untuk mengoordinasikan pengiriman obat-obatan, yang dia bantah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1853 seconds (0.1#10.140)