4 Efek Mata Uang Baru BRICS terhadap Dollar Amerika Serikat

Senin, 15 Mei 2023 - 15:30 WIB
loading...
4 Efek Mata Uang Baru BRICS terhadap Dollar Amerika Serikat
Mata uang yuan China berada di atas dollar Amerika Serikat. Foto/REUTERS
A A A
BEIJING - Dalam beberapa tahun terakhir, perkembangan ekonomi global memunculkan berbagai perubahan yang signifikan di sektor keuangan.

Salah satu perkembangan penting yang patut diperhatikan adalah rencana BRICS (Brasil, Rusia, India, China, dan Afrika Selatan) meluncurkan mata uang baru.

Jika mata uang baru BRICS itu muncul, tentu akan berdampak terhadap dollar Amerika Serikat (AS) yang telah menjadi mata uang dominan dalam sistem keuangan internasional.

Mata uang baru BRICS adalah inisiatif kolaboratif kelompok negara BRICS yang bertujuan menciptakan alternatif mata uang dunia yang independen dari dominasi dollar Amerika Serikat.

Mata uang ini telah lama menjadi wacana di kalangan ekonom dan ahli keuangan, dan BRICS telah melangkah maju dengan serangkaian langkah konkret untuk mewujudkannya.

Dampak Terhadap Dollar Amerika Serikat:


1. Penurunan Ketergantungan


Peluncuran mata uang baru BRICS akan mengurangi ketergantungan negara-negara BRICS terhadap dollar Amerika Serikat dalam transaksi perdagangan internasional.

Hal ini dapat mengurangi pengaruh ekonomi Amerika Serikat terhadap negara-negara BRICS dan meningkatkan stabilitas keuangan mereka.

2. Peningkatan Diversifikasi Reservasi Mata Uang


Negara-negara BRICS saat ini menyimpan sebagian besar cadangan devisa mereka dalam bentuk dollar Amerika Serikat.

Namun, dengan adanya mata uang baru BRICS, mereka akan memiliki alternatif yang lebih kuat untuk diversifikasi portofolio mata uang mereka.

Diversifikasi ini dapat mengurangi risiko yang terkait dengan fluktuasi nilai tukar dollar dan meningkatkan ketahanan keuangan mereka.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1078 seconds (0.1#10.140)