Setahun Menyangkal, Israel Akhirnya Minta Maaf Atas Pembunuhan Shireen Abu Akleh

Minggu, 14 Mei 2023 - 14:39 WIB
loading...
Setahun Menyangkal, Israel Akhirnya Minta Maaf Atas Pembunuhan Shireen Abu Akleh
Setahun menyangkal, Israel akhirnya meminta maaf atas pembunuhan Shireen Abu Akleh. Foto/NBC News
A A A
TEL AVIV - Pasukan Pertahanan Israel (IDF) meminta maaf atas pembunuhan jurnalis Al Jazeera Shireen Abu Akleh , setelah satu tahun menyangkal bertanggung jawab atas penembakan fatal tersebut.

Shireen Abu Akleh, koresponden yang meliput Tepi Barat untuk Al Jazeera selama dua dekade, ditembak di bagian belakang kepala saat meliput serangan militer Israel di kota Jenin, Tepi Barat pada Mei tahun lalu.

Ini adalah pertama kalinya IDF meminta maaf atas pembunuhan koresponden terkenal itu, setelah tahun lalu mengakui bahwa ada "kemungkinan besar" dia ditembak oleh seorang tentara Israel.

Permintaan maaf itu datang dari juru bicara utama IDF, Laksamana Muda Daniel Hagari, dalam sebuah wawancara dengan CNN di Connect the World pada hari Kamis lalu.

“Saya pikir ini adalah kesempatan bagi saya untuk mengatakan di sini bahwa kami sangat menyesal atas kematian Shireen Abu Akleh,” katanya.

“Dia adalah seorang jurnalis, seorang jurnalis yang sangat mapan. Di Israel kami menghargai demokrasi kami dan dalam demokrasi kami melihat nilai tinggi dalam jurnalisme dan kebebasan pers. Kami ingin wartawan merasa aman di Israel, terutama di masa perang, bahkan jika mereka mengkritik kami,” imbuhnya seperti dikutip dari media yang berbasis di Amerika Serikat (AS) itu.



Permintaan maaf itu muncul beberapa hari setelah Komite Perlindungan Wartawan (CPJ) menerbitkan laporan yang menyatakan tidak ada pertanggungjawaban yang dilakukan oleh militer Israel atas pembunuhan terhadap sedikitnya 20 wartawan selama dua dekade terakhir.

Kelompok advokasi pers itu mengatakan telah mendokumentasikan setidaknya 20 wartawan tewas oleh tembakan militer Israel sejak 2001, menambahkan 18 dari mereka yang tewas adalah warga Palestina.

"Tidak ada yang pernah dituntut atau dimintai pertanggungjawaban atas kematian ini," kata CPJ dalam siaran persnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1983 seconds (0.1#10.140)