Rusia Sebut Ukraina Gunakan Rudal Storm Shadow untuk Menyerang Luhansk

Minggu, 14 Mei 2023 - 06:58 WIB
loading...
Rusia Sebut Ukraina Gunakan Rudal Storm Shadow untuk Menyerang Luhansk
Rusia sebut Ukraina gunakn rudal Storm Shadow untuk menyerang Luhansk. Foto/Ilustrasi
A A A
MOSKOW - Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan bahwa pesawat Ukraina telah menyerang dua lokasi industri di kota Luhansk, Ukraina timur, yang dikuasai Moskow dengan rudal jelajah jarak jauh Storm Shadow yang dipasok Inggris.

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan rudal tersebut telah menghantam pabrik yang memproduksi polimer dan pabrik pengolahan daging di Luhansk pada hari Jumat.

"Rudal udara-ke-udara Storm Shadow yang dipasok ke rezim Kiev oleh Inggris digunakan untuk serangan itu, bertentangan dengan pernyataan London bahwa senjata ini tidak akan digunakan terhadap sasaran sipil," kata kementerian tersebut seperti dilansir dari Reuters, Minggu (14/5/2023).



Reuters tidak dapat memverifikasi laporan medan perang.

Sebelumnya Inggris pada hari Kamis menjadi negara pertama yang mengatakan telah mulai memasok Kiev dengan rudal jelajah jarak jauh, Storm Shadow yang akan memungkinkannya untuk menyerang pasukan Rusia dan memasok tempat peluncuran jauh di belakang garis depan saat mempersiapkan serangan balasan besar.

Menteri Pertahanan Inggris Ben Wallace mengatakan rudal itu dapat digunakan di dalam wilayah Ukraina, menyiratkan bahwa dia telah menerima jaminan dari Kiev bahwa rudal itu tidak akan digunakan untuk menyerang sasaran di dalam perbatasan Rusia yang diterima secara internasional.



Dalam kesempatan yang sama, kementerian itu mengatakan Rusia telah menjatuhkan dua pesawat tempur Ukraina - Su-24 dan MiG-29 - yang telah meluncurkan rudal.

Dalam buletin terbarunya, kementerian itu juga mengatakan pasukan Rusia telah menguasai blok lain di kota timur Bakhmut, yang coba direbut Moskow selama lebih dari 10 bulan dalam pertempuran artileri attritional.

"Unit Pasukan Lintas Udara memberikan dukungan kepada unit penyerang dan menembaki musuh di sayap," katanya.

Kementerian Pertahanan Rusia sering menggunakan istilah "unit penyerangan" untuk menyebut milisi swasta Wagner, yang telah mempelopori penyerangan terhadap Bakhmut dengan banyak korban jiwa.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1263 seconds (0.1#10.140)