Petaka bagi Oposisi, Erdogan Diprediksi Menang Pemilu Presiden Putaran Pertama

Minggu, 14 Mei 2023 - 05:30 WIB
loading...
Petaka bagi Oposisi, Erdogan Diprediksi Menang Pemilu Presiden Putaran Pertama
Bendera Turki berkibar di depan poster Presiden Turki Tayyip Erdogan bertuliskan waktu yang tepat orang yang tepat, menjelang pemilu presiden dan parlemen 14 Mei 2023, di Istanbul, Turki. Foto/REUTERS
A A A
ANKARA - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan diprediksi akan menang dalam putaran pertama pemilu presiden (pilpres) dengan selisih kecil.

Prediksi itu menurut jajak pendapat oleh pusat penelitian Areda and Asal.

Pemilu presiden dan parlemen Turki dijadwalkan berlangsung pada 14 Mei. Putaran kedua, yang akan berlangsung jika tidak ada kandidat yang memperoleh 50% suara, dijadwalkan pada 28 Mei.

Sejak 4 Mei, lembaga survei wajib menentukan siapa yang memesan dan mendanai survei mereka untuk merilis hasil jajak pendapat mereka.

Survei Areda menunjukkan 51,3% responden siap memilih Erdogan Minggu (14/5/2023) ini, sementara 44,2% akan mendukung Kemal Kilicdaroglu, kandidat oposisi utama. Kandidat ketiga, Sinan Ogan, bisa memperoleh hampir 4% suara.



Aliansi Partai Keadilan dan Pembangunan yang berkuasa dan Partai Gerakan Nasionalis akan memperoleh lebih dari 51% suara, menurut jajak pendapat itu.

Jajak pendapat Asal memperkirakan Erdogan akan menerima 50,6% suara, dan Kilicdaroglu 46,3%.

Survei oleh Areda dilakukan pada 25.000 orang dari 11-12 Mei. Ini menjadi salah satu jajak pendapat pertama yang dilakukan setelah Muharrem Ince, kandidat presiden lainnya, mengumumkan pencalonannya tiga hari sebelum pemilu.

Areda tidak memberikan informasi tentang sumber pendanaan dan margin of error. Survei Asal dilakukan di antara lebih dari 2.000 orang dari 10-12 Mei.

Setelah penarikan Ince, lembaga survei menghubungi para responden lagi untuk mengklarifikasi hasilnya. Margin of error survei sebesar 2,5%.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1733 seconds (0.1#10.140)