Saksikan Live! Salat Jumat Pertama Hagia Sophia di SINDOnews

Rabu, 22 Juli 2020 - 15:00 WIB
loading...
Saksikan Live! Salat Jumat Pertama Hagia Sophia di SINDOnews
Hagia Sophia akan kembali digunakan untuk salat Jumat pada Jumat (24/7/2020). SINDOnews akan menayangkan langsung suasana salat pertama di Hagia Sophia, setelah hampir 1 abad dijadikan museum. Foto/Reuters
A A A
JAKARTA - Salat Jumat pertama di Hagia Sophia , Istanbul, Turki, Jumat, 24 Juli 2020, merupakan peristiwa yang sangat monumental. Ini karena hampir seabad lalu, Hagia Sophia diubah fungsinya menjadi museum. Keputusan ini diambil oleh presiden Turki pertama, Mustafa Kemal Ataturk pada 1935.

SINDOnews tidak akan melewatkan begitu saja momen salat jumat pertama di Hagia Sophia tersebut. Pada Jumat 24 Juli 2020 nanti, portal berita yang bulan ini memasuki usia 8 tahun, berinisiatif menggelar siaran langsung dari Istanbul berupa laporan pandangan mata situasi terkini di sana. (Baca juga: Turki Undang Para Pemimpin Dunia Salat Jumat Pertama di Hagia Sophia)

Saksikan Live! Salat Jumat Pertama Hagia Sophia di SINDOnews


Siaran langsung salat Jumat pertama di Hagia Sophia bisa diikuti di beranda SINDOnews.com, channel YouTube SINDOnews, dan Facebook Live SINDOnews pada Jumat 24 Juli 2020, mulai pukul 16.00 WIB atau pukul 12.00 waktu Istanbul. Salat Jumat pertama di Hagia Sophia rencananya akan diikuti sekitar 500 jamaah. (Baca juga: Sujud Syukur Dunia Islam Sambut Kemenangan Al-Fatih, Hagia Sophia Jadi Masjid)

Laporan akan dipandu jurnalis SINDOnews Chamad Hojin bersama koresponden Savran Billahi. Savran saat ini menjabat sebagai sekretaris jenderal Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Turki . Dia merupakan mahasiswa pascasarjana Jurusan Sejarah, Fakultas Sosial, Hacettepe University, Ankara, Turki. (Lihat grafis: Sejarah Panjang Hagia Sophia)

Saksikan Live! Salat Jumat Pertama Hagia Sophia di SINDOnews


Diketahui, dikembalinnya Hagia Sophia sebagai masjid melalui keputusan Pengadilan Republik Turki pada Jumat (10/7/2020). Pemerintah Turki pun mengembalikan fungsi bangunan lambang arsitektur Bizantium ini menjadi masjid. Di luar waktu salat, Hagia Sophia akan terbuka untuk semua pengunjung dan wisatawan tanpa memandang kepercayaan mereka.

Situs Warisan Dunia UNESCO ini awalnya dibangun sebagai katedral selama Kekaisaran Bizantium. Bangunan ini menjadi masjid setelah Istanbul atau Konstantinopel ditaklukkan oleh Kekaisaran Ottoman pada tahun 1453.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0920 seconds (0.1#10.140)