Bos Wagner Tuding Tentara Rusia Melarikan Diri dari Pertempuran di Bakhmut

Rabu, 10 Mei 2023 - 15:40 WIB
loading...
Bos Wagner Tuding Tentara Rusia Melarikan Diri dari Pertempuran di Bakhmut
Bos Wagner Tuding Tentara Rusia Melarikan Diri dari Pertempuran di Bakhmut. FOTO/Reuters
A A A
BAKHMUT - Bos kelompok tentara bayaran Wagner Rusia, Yevgeny Prigozhin, pada Selasa (9/5/2023) menuduh unit militer Rusia melarikan diri dari posisi dekat Bakhmut di Ukraina . Ia juga mengatakan negara tidak mampu mempertahankan wilayahnya.

Prigozhin, yang pengaruhnya meningkat pesat dalam serangan Moskow ke Ukraina, dalam beberapa hari terakhir merilis serangkaian video pedas yang menyerang kepemimpinan militer Rusia.



"Hari ini salah satu unit Kementerian Pertahanan melarikan diri dari salah satu sayap kami mengekspos bagian depan," kata Prigozhin dalam sebuah video, seperti dikutip dari AFP.

Prigozhin mengancam akan menarik pejuangnya keluar dari Bakhmut pada 10 Mei jika dia tidak menerima amunisi yang sangat dibutuhkan. Kelompok tentara bayaran itu telah mempelopori perjuangan Moskow untuk kota Ukraina timur.

Prigozhin mengatakan tentara melarikan diri karena "kebodohan" komandan tentara Rusia, yang katanya memberikan "perintah kriminal". “Tentara tidak boleh mati karena kebodohan kepemimpinan mereka,” kata Prigozhin.



Dia merilis video pada Hari Kemenangan Rusia, ketika Moskow merayakan kemenangan Soviet atas Nazi dalam Perang Dunia II.

Kementerian pertahanan Rusia mengatakan dalam sebuah pernyataan di kemudian hari bahwa "pasukan penyerang" - biasanya mengacu pada unit Wagner - "terus bertempur di bagian barat" Bakhmut.

Kementerian tersebut mengatakan pasukan terjun payung Rusia "memberikan bantuan", tanpa menyebutkan tuduhan Prigozhin tentang tentara yang meninggalkan pos mereka.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1952 seconds (0.1#10.140)