Massa yang Marah Kepung Duta Besar Rusia di Warsawa Polandia

Rabu, 10 Mei 2023 - 08:56 WIB
loading...
Massa yang Marah Kepung Duta Besar Rusia di Warsawa Polandia
Duta Besar Rusia untuk Polandia, Sergey Andreev, dikepung demonstran saat menghadiri acara di pemakaman militer di ibu kota Polandia, Warsawa. Foto/RIA-Novosti
A A A
WARSAWA - Massa yang marah mencegah Duta Besar Rusia untuk Polandia Sergey Andreev meletakkan karangan bunga di pemakaman militer di Warsawa pada Hari Kemenangan.

Massa mengepung delegasi Rusia saat tiba di lokasi pada Selasa (9/5/2023).

Mereka menuntut Andreev dan yang lainnya melepas pita Saint George mereka, yang merupakan simbol perayaan kemenangan Perang Dunia II di Rusia.

Duta besar menolak melepas pita itu dan harus meninggalkan kuburan tanpa meletakkan karangan bunga.

Satu video yang diterbitkan kantor berita Rusia RIA-Novosti merekam saat duta besar dikelilingi para pengunjuk rasa, yang meneriakkan slogan-slogan anti-Rusia.



Ada banyak media di pemakaman, dengan wartawan lokal tampaknya mengantisipasi gangguan.

Andreev mengatakan kepada kantor berita Tass bahwa kedutaan Rusia menghubungi polisi atas insiden tersebut, dan petugas menjawab pengunjuk rasa tidak melanggar hukum apa pun.

Peletakan karangan bunga adalah upacara tradisional pada 9 Mei, hari ketika Rusia merayakan kemenangan atas Nazi Jerman dalam Perang Dunia II.

Tahun lalu, Andreev disiram dengan cat merah saat dia berusaha memberikan penghormatan kepada tentara Soviet yang kehilangan nyawa saat membebaskan Polandia. Kali ini, sang diplomat lolos tanpa cedera.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1261 seconds (0.1#10.140)